Minggu, 16 Juni 2019

Tata Cara Service Motor di Dealer Resmi atau Bengkel Resmi Semua Motor

Tata Cara Service Motor di Dealer Resmi atau Bengkel Resmi Semua Motor

KEPOINDONESIA.id - Merawatan kendaraan memanglah susah susah gampang, untuk body sendiri palingan kita harus rajin-rajin mencucinya dan menjaga supaya tidak tergores. Namun untuk bagian mesin, sistem kelistrikan, transmisi dan lain-lainnya kita jika tidak bisa melakukan sendiri lebih baik dibawa ke bengkel ataupun dealer resmi. Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu cara servis motor di bengkel resmi yang banyak orang belum mengetahuinya.

Mungkin jika kita servis ke bengkel biasa sudah pada tau apa yang kita harus lakukan setelah tiba di bengkel, namun berbeda jika kita service di bengkel resmi ataupun dealer resmi. Yang saya heran ada juga orang yang beli motor baru sampai bertahun-tahun belum pernah servis di bengkel resmi, ada juga yang dari beli sampai bertahun-tahun hanya service ke bengkel resmi alias belum pernah ke bengkel biasa.

Jadi kali ini saya akan membagikan tata cara untuk servis motor di bengekl resmi. Jika Honda kalian bisa servis motor di AHASS sedangkan jika Yamaha bisa di Sumber Baru Motor. Sebelum kalian datang ke bengkel resmi, kalian bisa membawa 2 hal yang wajib dibawa, yaitu:

1. Sejumlah Uang

2. Buku Garansi

Untuk buku garansi ini sebenarnya tidak dibawa juga tidak apa-apa, yang penting kalian membawa sejumlah uang. Serta jika baru pertama kali datang kalian bisa juga membawa STNK siapa tau data dari motor kalian belum tercatat di bengkel tersebut. Jadi servis motor tanpa buku seperti buku garansi ke dealer resmi itu diperbolehkan, karena tidak wajib.

Nah sebelum lanjut ke cara servisnya, kalian bisa baca dulu daftar lengkap plat nomor kendaraan di Indonesia serta macam-macam mobil tipe city car, mpv, suv, dan hatchback yang mungkin saja kalian belum tau artinya apa.

Tata Cara Service Motor ke Dealer Resmi


1. Datang ke Bengkel


Setelah menyiapkan sejumlah uang dan buku garansi (tidak wajib), silakan kalian datang ke bengkel resmi atau dealer resmi sesuai merk motor yang kalian pakai. Jika Honda ke AHASS dan jika Yamaha ke Sumber Baru Motor, sedangkan untuk Suzuki dan Kawasaki saya tidak tau sebutan bengkel resminya apa.

Dan perlu diingat, jangan sesekali kalian datang ke bengkel resmi dan ingin melakukan servis disana dengan merk yang berbeda dengan motor kalian. Sebagai contoh motor kalian Honda Beat, lalu datang ke bengkel resmi Yamaha yaitu Sumber Baru Motor, atau jika motor kalian Yamaha Vixion datang ke bengkel AHASS, itu jangan sampai seperti itu.

Karena bisa saja kalian ditolak mentah-mentah, jika ditolak secara harus mungkin tidak apa-apa, namun jika ditolak mentah-mentah itu yang menjadi masalah. Atau jika diterima service di sana kualitas dan perlakukan servis terhadap motor kalian tidak akan maksimal, atau malah bisa di service secara asal-asalan.

2. Tahapan Service di Dealer Resmi


Setelah sampai di bengkel resmi sesuai dengan merek motor kalian, silakan kalian parkirkan motor kalian di halaman luar atau bisa langsung masuk ke dalam. Untuk hal ini beda bangunan bengkel beda cara, jadi untuk pertama kalinya silakan kalian parkirkan tepat di depan bengkel saja.

Selanjutnya hampiri kasir atau bisa langsung meminta ke menanik yang sedang tidak menangani sepeda motor, alias lagi nyantai. Silakan kalian bisa bilang mau servis saja, service dan ganti oli atau yang lainnya. Dan juga jika ada keluhan seperti tarikan gas agak berat atau oper gigi kasar bisa langsung dibicarakan dengan mekanik supaya bisa di cek dan di stel ulang.

Setelah kalian memberitahu tujuan ke bengkel mau servis saja atau servis + ganti oli dan kalian sudah bilang keluhan apa yang terjadi, silakan kalian berikan kunci kontak ke pada mekaniknya. Dan saran saya jika ada barang berharga di jok motor silakan di ambil dulu.

3. Menunggu


Selanjutnya sambil menunggu motor diperbaiki dan motor selesai di servis atau semacamnya, silakan kalian menunggu ke ruang tunggu atau ruang yang telah disediakan. Dan jika kalian melihat tulisan "Gratis minuman jika servis motor", atau semacamnya silakan kalian bisa minta ke kasir karena lumayan bisa buat menemani waktu menunggu motor yang sedang di service.

4. Pembayaran


Untuk servis sendiri umumnya memakan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Setelah motor selesai di service nantinya akan di test drive terlebih dahulu oleh mekaniknya. Jika motor dibawa masuk lagi mungkin ada yang belum benar sedikit, namun jika sudah diparkir diluar motor kalian sudah selesi diperbaiki.

Dan untuk pelayanan lebih dari masing-masing bengkel atau dealer resmi, biasanya akan diberikan cuci motor gratis. Setelah itu kalian bisa datang ke kasir lagi dan tanya habis berapa. Jika sudah tau totalnya silakan kalian bayar dan jangan lupa memasukan barang yang sudah kalian ambil seperti barang berharga yang tadi ada di jok ataupun buku garansi.

Nah itu dia tata cara servis motor atau prosedur servis motor di bengkel dan dealer resmi. Mungkin jika baru pertama kali agak bingung karena tempatnya luas berbeda dengan bengkel biasa. Namun jika sudah terbiasa lebih nyaman servis di bengkel resmi terutama jika ganti spare part, karena dijamin ori.

Sedangkan untuk harga servis motor atau biaya servis motor sendiri untuk bengkel biasa dan bengkel resmi relatif sama, antara 30 ribu sampai 50 ribu untuk motor matic dan bebek. Sedangkan untuk motor sport mulai dari 150 cc sampai 250 cc atau moge harganya pasti lebih mahal. Dan juga untuk servis motor karburator dan motor injection/injeksi biasanya lebih murah injeksi jika injeksinya tidak ikut diservis.


EmoticonEmoticon