Minggu, 25 Agustus 2019

10 Contoh Pantun Tentang Keindahan dan Lingkungan Alam

10 Contoh Pantun Tentang Keindahan dan Lingkungan Alam

KEPOINDONESIA.id - Membuat pantun pasti kita jumpai saat di sekolahan khususnya saat pelajaran bahasa Indonesia. Walaupun jarang, membuat pantun menurut saya lebih menarik dari pada membuat puisi ataupun cerita pendek (cerpen). Salah satu tema pantun yang sering kita temui yaitu pantun tentang keindahan atau pantun tentang alam.

Tema keindahan dan alam merupakan tema yang sering diangkat untuk dijadikan pantun, puisi, sampai untuk media menggambar pun rata-rata menggunakan tema alam atau keindahan ini. Baik tentang keindahan laut, keindahan gunung, menjaga keindahan, lingkungan alam sampai tema bumi pun sering digunakan untuk tema favorit.

Pantun sendiri adalah salah satu jenis puisi lama yang sudah dikenal luas di seluruh Indonesia. Dalam pantun sendiri memiliki 2 bagian, yaitu sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua ialah sampiran dan baris ketiga dan keempat ialah isi.

Selain itu, rata-rata pantun yang sering digunakan dan dibuat yaitu 4 baris. Tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata dan memiliki irama silang seperti a-b-a-b. Selain a-b-a-b, banyak juga pantun yang mengguanakn irama atau sajak a-a-b-b dan a-a-a-a.

Namun saya tidak akan menjelaskan lebih jelas tentang apa itu pantun, pengertiannya secara detail, ciri-ciri, jenis, macam-macam dan yang lainnya. Namun yang kali ini akan saya bahas ialah contoh pantun tentang keindahan dan alam.

Namun sebelum itu kalian bisa baca dulu desain Jadwal Pelajaran kelas keren dan 2 pengertian THR serta 4 arti dari kata ADM. Berikut beberapa contoh pantun keindahan, alam, gunung, laut, tumbuhan hijau dan sebagainya.

Keindahan buat mata terpana
Ingin kumiliki hanya khayalan
Perasaan dihujat rasa kecewa
Makin terobsesi jika berangan


Indahnya syair dalam nyanyian
Membawa pikiran dalam angan
Sungai bernyanyi dalam kesunyian
Mengajak diri dalam renungan

Kayu balok busuk pinggirnya
Lalu diracik kulit tebalnya
Sungai berkelok amat indahnya
Bergemericik amat merdunya

Bulan bercahaya kala malam
Indah bagai mata si peri
Gagah gunung di dada alam
Bagai permata di leher putri

Mengalir air anak asahan
Membawa kayu juga rotan
Keindahan berkelimpahan
Gunung sungai dan hutan

Langit luas berwarna biru
Perhiasan bagi kedua mata
Alam terkembang menjadi guru
Penuh hikmah dari Sang Pencipta

Pohon rimbun banyak dahan
Tumbuh subur walau tak ditanam
Membentang alam penuh keindahan
Cantik sungguh penuh idaman

Ikan belida lazat rasanya
Dimasak untuk kudapan
Bumi hijau pada wajahnya
Terlihat biru dari kejauhan

Anak gembala bermain di desa
Bermain ceria dengan temannya
Teratur segala benda di angkasa
Beredar dalam garis edarnya

Bekerja jangan putus asa
Segala tenaga harus dihela
Aku ingin main ke desa
Melihat si anak gembala

Nah itu dia kumpulan dan contoh 10 pantun tentang keindahan alam yang bisa kalian contoh dan gunakan, atau juga bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat pantun sendiri. Jika kalian kreatif, saya rasa untuk membuat pantun tidak sesusah seperti membuat puisi. Karena saya sendiri untuk membuat puisi tidak terlalu pandai, tapi untuk pantun bisa dibilang lumayan.


EmoticonEmoticon