Selasa, 11 Juni 2019

3 Tips & Trik Cara Ngeprint di Warnet Yang Benar

3 Tips & Trik Cara Ngeprint di Warnet Yang Benar

KEPOINDONESIA.id - Istilah ngeprint di warnet pasti sering kita jumpai waktu sekolah, baik untuk mengeprint tugas dari sekolah atau guru ataupun hanya buat iseng-iseng saja. Memang saat ini ada beberapa tugas dari guru yang diwajibkan untuk ngeprint suatu hal, sebagai contoh makalah. Nah untuk itu kali ini saya akan memberikan cara untuk ngeprint di warnet.

Warung Internet atau jika disingkat warnet merupakan tempat paling nyaman dan tepat untuk melakukan hal yang berhubungan dengan komputer, dari pada harus pinjam saudara atau teman. Warnet juga menjadi tempat yang sering dikunjungi jika banyak anak sekolahan yang diberi tugas untuk mengetik ataupun ngeprint.

Tugasnya pun bermacam-macam, seperti ngeprint gambar dari google, flashdisk, ngeprint tulisan hasil ketikan sendiri ataupun ngeprint tulisan dari internet. Bisa juga untuk ngeprint makalah mahasiswa seperti makalah singkat, sederhana, penelitian ataupun makalah tentang pendidikan. Namun rata-rata untuk para mahasiswa sudah memiliki laptop dan printer sendiri, jadi jarang mahasiswa yang datang ke warnet.

Namun untuk tingkat SMP, SMK/SMA ini yang sering terlihat di warnet. Seperti membuat makalah Bahasa Indonesia, IPA, Sastra Indonesia dan lain-lainnya. Nah untuk itu kali ini saya akan memberikan tips dan cara untuk ngeprint di warnet. Namun sebelumnya jika kalian tidak tau cara download gambar di Pinterest kalian bisa baca cara menyimpan foto di Pinterest tanpa aplikasi.

Cara Ngeprint Gambar dan Tulisan di Warnet


1. Meminta Ke Operator Warnet


Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh kalangan anak SD, Orang Tua dan anak SMP. Kalian cukup datang saja ke warnet dan bilang "Bang mau ngeprint, tolong carikan dan print sekalian". Namun cara ini lebih baik digunakan untuk mengeprint hal yang sederhana bukan untuk mengeprint yang berlembar-lembar.

Seperti jika anak SMP mungkin saja untuk mencari foto atau gambar batuan sedimen dan batuan beku. Dan untuk SMK jika jurusan otomotif mungkin gambar mesin 4 tak (4 stroke) atau mesin 2 tak (2 stroke).

2. Membawa File Jadi


Untuk cara ini biasanya dilakukan jika kita memiliki komputer atau laptop dirumah tapi tidak memiliki printer. Kelebihan cara ini yaitu kita bisa mengetik dengan santai dirumah tanpa harus terburu-buru. Namun perlu diperhatikan juga, biasanya masalah yang sering terjadi yaitu Microsoft Word yang kita gunakan tahun 2010 atau keatasnya namun di komputer operator warnet masih Microsoft Word 2007.

Hal tersebut bisa merubah semua hasil ketikan kita yang biasanya tidak bisa diperbaiki secara singkat. Hal yang sering terjadi jika file word dibuka dibawahnya yaitu akan muncul masalah spasi yang berantakan, spasi sangat jauh, ataupun spasi yang terlalu lebar.

3. Mengetik di Warnet


Cara ini juga sering dilakukan kebanyakan orang, namun biasanya orang tersebut tidak datang hanya 1 atau 2 kali saja namun berkali kali. Seperti halnya membuat makalah atau laporan kunjungan industri pasti akan ke warnet berkali-kali, tidak cukup 1 atau 2 kali saja.

Karena untuk membuatnya butuh kesempurnaan yang maksimal serta pasti akan mendapatkan revisi jika ada kesalahan. Dan jika membuat makalah atau laporan kunjungan industri dan sering ganti-ganti warnet atau lokasi saat mengetik kalian wajib mengocpy file yang akan di edit ke folder lain untuk menghindari error seperti spasi yang berantakan tidak karuan.

Nah mungkin itu dia tips dan trik cara ngeprint di warnet yang benar supaya kalian tidak kerepotan nantinya. Dan jika kalian membawa file sendiri pastikan file yang akan di print berada di flashdisk dan di letakan pada folder yang paling depan supaya memudahkan operator melakukan pencarian file yang bersangkutan.

Jika kalian ingin ngeprint foto kalian bisa baca cara merubah file JPG menjadi PNG serta cara membuat gambar dan foto yang awalnya buram menjadi jelas alias HD. Karena gambar yang bagus akan menghasilkan kualitas yang bagus juga nantinya saat di print.


EmoticonEmoticon