4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek NISN Secara Online

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek NISN Secara Online

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang masih sekolah NISN sangat penting walaupun mungkin hanya dibutuhkan sesekali saja. Umumnya NISN hanya dibutuhkan saat menjelaskan ujian kelulusan, selain itu setahu saya tidak pernah ditanyakan oleh guru.

Dan yang dibutuhkan sebenarnya nomor NISN itu sendiri dan bukan kartunya. Tetapi jika kalian masih memiliki kartunya bisa disimpan sebagai kenang-kenangan. Tetapi sebenarnya yang dibutuhkan nomor dari NISN.

Bagaimana jika NISN hilang? ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan apabila kartu NISN hilang. Pembahasan tersebut sudah pernah saya bahas jadi silakan kalian baca saja. Sedangkan kali ini fokus saya yaitu mengatasi tidak bisa cek NISN secara online.

Kenapa NISN kita tidak bisa dicek secara online? untuk tau cara mengatasinya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara minta legalisir ijazah ke sekolah asal serta apa yang dimaksud dengan pakaian bebas tapi sopan.

Pastikan Nomor NISN Benar


Seperti yang kalian tau di halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id perlu input NISN dan nama Ibu Kandung untuk bisa mengecek dan mencari data. Jadi pastikan nomor NISN yang kalian input benar dan tidak ada yang keliru.

Masukkan Nama Ibu Kandung Dengan Benar


Selain nomor NISN kalian wajib input nama Ibu Kandung secara benar. Hanya namanya saja tidak perlu tambahan Ibu. Pastikan kalian menginput dengan benar dan jika ada nama tengah dan belakangnya silakan input dengan lengkap.

Periksa Lagi Nanti


Apabila data yang diperlukan sudah benar tetapi belum berhasil kemungkinan besar server sedang error. Penyebab server error salah satunya karena banyak dikunjungi. Jadi silakan kalian cek lagi beberapa jam atau keesokan hari.

Gunakan Situs Lainnya


Untuk saat ini saya hanya tau https://nisn.data.kemdikbud.go.id saja, apabila kalian tau situs lainnya silakan kalian gunakan situs tersebut. Karena sekarang serba online sudah pasti pemerintah memudahkan para siswa, orang tua, dan guru untuk melakukan hal seperti ini.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa cek NISN secara online. Untuk berjaga-jaga jika kalian baru SMP atau baru masuk SMA/SMK silakan catatan nomor NISN kalian di buku catatan atau di aplikasi catatan.

Karena nanti saat ujian pasti akan ditanyakan. Cukup nomornya saja. Atau bisa kalian fotokopi dan simpan di tempat yang berbeda dengan NISN asli yang kalian miliki. Tidak ada masa berlakunya karena NISN berlaku seumur hidup.

Sekian pembahasan dari saya mengenai gagal saat cek NISN secara online. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara mengurus ijazah yang rusak atau hilang. Caranya susah-susah gampang dan akan terasa sulit jika kalian membutuhkannya secara terburu-buru.


EmoticonEmoticon