Pengertian dan Perbedaan Antara Zona Waktu GMT dan UTC

Pengertian dan Perbedaan Antara Zona Waktu GMT dan UTC

KEPOINDONESIA.id - Mungkin zona waktu yang kalian ketahui yaitu WIB, WIT, dan WITA. Namun nyatanya ketiga zona waktu di Indonesia tadi termasuk dalam zona GMT. Atau lebih tepatnya GMT+7 seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan Tengah.

GMT merupakan zona internasional yang populer di gunakan pada beberapa layanan. Selain GMT ada juga UTC. Mungkin UTC jarang kalian temui karena sepengalaman saya yang paling sering digunakan ialah GMT.

Yang menjadi pertanyaan apa itu GMT? Mungkin kalian sudah tau jika kalian ingin menyamakan waktu dengan Jakarta harus memilih GMT+7 atau UTC+07:00. Tapi kalian tau tidak sebenarnya GMT dan UTC itu apa?

Lalu apa ada perbedaan antara keduanya? Supaya kalian tau mengenai GMT dan UTC maka pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian antara GMT dan UTC. Selain itu saya juga akan membahas perbedaan antara keduanya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara cek jam dunia negara lain serta apa yang dimaksud dengan HH-BB-TTTT dalam kolom tanggal.

GMT (Greenwich Mean Time)


Greenwich Mean Time atau yang sering disebut sebagai GMT adalah zona waktu berdasarkan wilayah (Time Zone). Zona waktu GMT digunakan di banyak negara seperti negara di wilayah Asia, Afrika, dan beberapa negara di Eropa.

GMT dapat menampilkan waktu dalam dua format yaitu 12 jam (AM/PM) serta 24 jam. Indonesia sendiri menggunakan format 24 jam yang artinya setelah pukul 12 siang lanjut ke 13 sampai ke pukul 24 atau 12 malam.

UTC (Universal Time Coordinated)


Berbeda dengan GMT, UTC atau Universal Time Coordinated adalah zona waktu standar (Standard Time) yang digunakan hampir di seluruh bagian belahan dunia. Tidak seperti GMT, UTC hanya mendukung format 24 jam saja.

Penggunaan format 24 jam bukan karena alasan, hal tersebut dilakukan supaya keakuratan antara jam atomik dan rotasi bumi tidak berubah. Karena UTC hanya dijadikan patokan saja oleh karena itu tidak ada yang menggunakan UTC sebagai waktu lokal, alias negara dimanapun itu menggunakan zona waktu GMT.

Karena UTC cukup luas, pembagian waktu GMT lebih cocok karena menggunakan zona waktu atau Time Zone. Sebenarnya selain GMT dan UTC ada waktu khusus yang hanya ada di beberapa negara saja yaitu PST dan DST.

Pacific Standard Time (PST) merupakan zona waktu khusus untuk negara yang ada di bagian Amerika Utara sedangkan Daylight Saving Time (DST) digunakan pada negara yang mengalami musim panas yang sering disebut sebagai Summer Time.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai GMT dan UTC. Selain itu saya jelaskan juga tentang PST dan DST. Mungkin kamu hanya tau tentang GMT saja, UTC saja, atau keduanya. Sedangkan untuk PST dan DST saya jamin kalian baru tau.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini mungkin kalian perlu tau tentang rute perjalanan. Mulai dari apa itu rute perjalanan serta apa yang dimaksud dengan rute tercepat. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian.


EmoticonEmoticon