Perbedaan Nomor Pesanan dan Nomor Resi Saat Belanja Online di Marketplace

Perbedaan Nomor Pesanan dan Nomor Resi Saat Belanja Online di Marketplace

KEPOINDONESIA.id - Ketika kalian membeli sesuatu di marketplace berarti kalian sudah membuat pesanan. Pesanan tadi akan di proses oleh penjual apabila sudah kalian bayar. Apabila belum kalian bayar dalam waktu tertentu pesanan akan batal sebelum diteruskan ke penjual.

Pesanan tadi terdapat no pesanan yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui informasi pesanan kalian. No pesanan berbeda dengan no resi. Karena no pesanan dibuat untuk kepentingan pihak marketplace sedangkan no resi untuk kepentingan jasa pengiriman.

No pesanan pasti akan kalian dapatkan jika kalian bertransaksi tertentu. Baik di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan beberapa marketplace dan e-commerce lainnya. Jadi jika kalian ingin komplain ke pihak marketplace mengenai pesanan yang belum di proses kalian bisa tunjukan no pesanan kalian.

Sedangkan no resi bisa kalian gunakan untuk minta kejelasan mengenai paket kalian yang tertahan. Tidak ke pihak marketplace, untuk no resi kalian bisa tanyakan ke masing-masing jasa pengiriman sesuai jasa pengiriman yang kalian gunakan.

Lebih jelasnya mengenai perbedaan no resi dan no pesanan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai lama proses refund dana dari pihak Lazada serta kenapa ojol tidak bergerak ketika di maps saat dalam perjalanan.

Nomor Pesanan di Marketplace


Nomor pesanan sendiri adalah kode pesanan yang dibuat secara otomatis oleh sistem marketplace sebagai tanda pesanan yang dibuat oleh pembeli saat belanja online. Tiap pesanan memiliki nomor yang berbeda walaupun dari akun yang sama.

No pesanan tidak bisa dilacak karena ini sifatnya memberikan informasi mengenai status pesanan bukan status pengiriman. Kalian tidak bisa melihat informasi dari no pesanan tersebut dan hanya pihak marketplace terkait yang bisa melihatnya.

Nomor Resi di Marketplace


Sedangkan nomor resi adalah nomor yang diberikan oleh kasa ekspedisi atas paket yang dikirimkan. Paket yang dikirimkan akan bisa dilacak oleh semua orang yang mengetahui no resi tadi tanpa terkecuali. Oleh karena itu supaya aman no resi hanya boleh diketahui oleh penjual dan pembeli saja.

Untuk melacak paket sebenarnya kini lewat aplikasi marketplace langsung juga bisa. Sama-sama realtime mengambil data dari pihak jasa ekspedisi tetapi terkadang kurang lengkap dan nama statusnya dirubah jadi menyulitkan beberapa pengguna karena tidak tau artinya.

Selain itu no resi juga bisa digunakan sebagai bukti pengiriman. Kalian pastikan nama pengirim dan nama penerima sesuai. Artinya nama pengirim sama dengan nama toko yang kalian beli dan nama penerima sesuai dengan nama kalian.

Jelas sekali perbedaan antara no. resi dan no. pesanan. No resi untuk kepentingan melacak paket kiriman sedangkan no. pesanan untuk kepentingan status pesanan dari mulai pesanan dibuat hingga pesanan selesai.

Jadi jika kalian ingin komplai ke pihak martketplace kalian bisa sertakan no pesanan kalian. Tetapi jika ingin komplain paket yang tidak kunjung datang kalian bisa komplai ke jasa pengiriman dengan menyertakan no resi bukan no pesanan.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila tombol pesanan diterima tidak bisa ditekan kalian tidak usah bingung. Tombol tersebut akan bisa ditekan setelah beberapa hari demi keamanan dan jika tidak sengaja tertekan juga tidak terlalu bermasalah.


EmoticonEmoticon