Rabu, 13 Maret 2019

Solusi Gagal Aktivasi Akun Ponta Karena Format Salah dan Kartu / Nomor Hp / Email Sudah Terdaftar

Ponta Alfamart

KEPOINDONESIA.id - Alfamart merupakan minimarket yang ada dimana-mana, saya bilang begitu karena hampir di setiap kecamatan akan ada 1 minimarket ini. Selain itu Alfamart juga memiliki kartu member yang memiliki banyak keuntungan, salah satunya potongan harga jika kita belanja sambil membawa kartu member tersebut. Kartu member tersebut yaitu kartu AKU atau sering disebut Ponta, untuk aktivasi kartu Ponta ini susah susah gampang karena banyak yang aktivasi Ponta gagal.

Yak sesuai bungkus kartu Pontanya, tertulis bahwa untuk mendapatkan promo dan untuk bisa memakai poin Ponta kita harus aktivasi dulu kartu Pontamya agar dapat digunakan sepenuhnya. Seperti yang saya bilang, jika baru pertama akan susah - susah gampang. Awalnya saya kemarin meminta kartu member Alfamart di kasir, lalu kasir meminta KTP serta No. Hp saya.

Setelah itu kasir memberitahukan kalau kartunya sudah di pakai dan singkat cerita saya iseng-iseng baca tulisan yang terdapat pada bungkus kartu tersebut. Lalu saya membaca tulisan seperti ini "Katu Ponta tidak dapat digunakan sepenuhnya jika Sobat tidak mengaktifkannya". Lalu saya berikir maksudnya gimana??

Lalu kemudian cara baca baliknya ada 4 cara untuk aktivasi kartu Ponta ini, yaitu lewat Mobile App Ponta, SMS, website, dan Sosial Media Ponta Indonesia seperti Facebook, Line, dan Twitter. Nah disinilah saya gagal saat mengatifkan kartu Ponta Alfamart.

Gagal Mengaktifkan Kartu Ponta Alfamart


Aktivasi Ponta Alfamart lewat SMS


Pertama saya mencoba aktivasi kartu Ponta Alfamart lewat SMS dengan format AKTIF#Nama Lengkap#No.Kartu#Tgl.Lahir(ddmmyyyy)#Kode Pos#Jenis Kelamin(P/L)#Status Kawin(K/TK) namun malah mendapat balasan dari Ponta_Card bahwa format salah. Lalu saya baca seksama lagi dan saya rasa itu sudah benar. Lalu saya mencoba ke cara berikutnya karena untuk aktivasi kartu Ponta Alfamart lewat SMS maksimal 3 kali salah jadi saya takut.

Aktivasi Ponta Alfamart lewat SMS format salah

Cara kedua saya mencoba untuk mengaktifkannya lewat website di www.ponta.co.id/aktivasi, namun saat saya coba untuk mengisi kode Pos tidak muncul karena waktu itu saya lewat hp untuk mengakses website tersebut. Kemudian untuk ketiga kalinya saya aktivasi Ponta via FB atau Halaman Facebook Ponta Indonesia.

Namun dari Fanspage Ponta Indonesia malah dapat balasan seperti ini "Kartu / Nomor Hp / Email Yang Sobat Masukan Sudah Pernah Terdaftar, silahkan gunakan data yang belum pernah di daftarkan", lalu saya berfikir sejenak. Setelah itu saya baru sadar bahwa kasir yang meminta KTP dan No. HP saja tersebut sebenarnya yang mengaktifkan kartu Ponta saya itu.

Aktivasi Ponta Alfamart via FB

Jadi jika kalian dimintai KTP dan No. HP saat meminta kartu Ponta Alfamart kalian tidak usah aktivasi lagi, namun kalian cukup login di Aplikasi Ponta. Namun jika saat meminta kartu Ponta kalian hanya dikasih kartu Pontanya saja kalian wajib mengaktifkan kartu Ponta kalian sendiri dirumah.

Cara Login Aplikasi Ponta untuk mengetahui kartu Ponta Aktif atau Belum


Di aplikasi Ponta ini kalian bisa cek kartu Ponta aktif atau belum, jika sudah nantinya kalian akan diminta password akun Ponta kalian. Pertama tama silakan download terlebih dahulu aplikasi Pontanya, jika sudah silakan pilih Login/Aktivasi. Untuk Ponta Card silakan isikan dengan Nomor kartu Ponta kalian lalu klik Lanjut.

Jika kartu Ponta kalian sudah aktif, nanti akan dimintai Password. Lalu bagaimana untuk loginnya?? kita kan belum menentukan password akun Pontanya?? Caranya pun mudah silakan kalian klik Reset Password. Lalu reset password ke No. HP yang terdaftar lalu cek sms masuk dari Ponta_Card.

Reset Password akun Ponta

Selanjutnya klik saja link tersebut lalu buat password atau sandi baru untuk akun Ponta Alfamart kalian. Jika sudah silakan login dengan password yang baru dibuat tadi nantinya kanberhasil dan masuk ke dalam aplikasi Ponta kalian.

Cara reset password akun Ponta

Cara tersebut merupakan cara login di aplikasi Ponta atau cara login Ponta Alfamart yang baru buat atau aktivasi yang kita sendiri tidak tau password akun Ponta kita. Cara diatas juga merupakan cara mengetahui kartu Ponta sudah aktif atau belum.

Lalu kesimpulan saya saat mau aktivasi Ponta lewat SMS yang format salah dan lewat Fanspage yang Kartu / Nomor Hp / Email Yang Sobat Masukan Sudah Pernah Terdaftar, silahkan gunakan data yang belum pernah di daftarkan saya simpulkan bahwa hal tersebut karena akun Ponta kita sudah terdaftar dengan No. HP yang diminta oleh kasir Alfamart.

Jadi jika kalian meminta kartu Ponta Alfamart dan tidak dimintai KTP dan No. HP sama kasirnya, berarti kalian harus mengaktifkan kartu Pontanya sendiri. Jika dimintai KTP dan No. HP kalian cukup login di aplikasi Ponta dengan bypass password Ponta dengan cara Reset Password.


EmoticonEmoticon