Pengertian Wifi Only di Smartphone dan Tablet

Pengertian Wifi Only di Smartphone dan Tablet

KEPOINDONESIA.id - Salah satu faktor kenapa sebuah smartphone sangat membantu produktivitas yaitu karena tersedianya jaringan seluler berkat adanya slot kartu SIM. Dengan adanya slot kartu SIM pengguna bisa terhubung ke internet langsung lewat data seluler.

Sedangkan jika tidak bisa terhubung ke data seluler maka harus menggunakan cara alternatif yaitu dengan koneksi wifi. Perangkat smartphone semuanya mendukung jaringan seluler dan bisa kalian gunakan dengan mudah untuk mengakses internet.

Tetapi hal tersebut tidak bisa kalian nikmati dengan mudah di perangkat Tablet atau Tab. Karena beberapa tablet khususnya tablet murah tidak menyediakan slot SIM dan hanya mengandalkan konektivitas wifi saja.

Dalam konteks ini ada istilah yang sering kita jumpai yaitu istilah Wifi Only. Apa itu istilah Wifi Only? jika kalian penasaran kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Ada 2 arti Wifi Only yang harus kalian ketahui.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kenapa wifi terhubung tetapi tidak ada internet serta cara mengatasi permasalahan kartu SIM tidak diizinkan di Android.

Yang pertama yaitu Wifi Only atau Hanya Wifi pada perangkat yang tidak ada slot SIM nya. Perangkat yang biasanya tidak menyediakan slot SIM yaitu perangkat tablet atau tab murah. Sedangkan perangkat tab kelas atas biasanya sudah mendukung slot SIM layaknya smartphone.

Singkatnya untuk bisa terhubung ke internet perangkat tab yang tidak bisa ditambahkan kartu SIM hanya bisa mengandalkan konektivitas jaringan wifi saja. Jika tidak terhubung ke wifi maka tidak bisa digunakan untuk mengakses layanan internet.

Dan yang kedua Wifi Only biasanya digunakan untuk menyebut sebuah perangkat khususnya smartphone yang memiliki slot SIM dan bisa ditambahkan kartu SIM tetapi tidak menampilkan sinyal sama sekali.

Bukan tanpa alasan, biasanya permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena imei telah diblokir. Jadi walaupun bisa ditambahkan kartu SIM sinyal tidak akan muncul karena imei perangkat sudah diblokir.

Selain karena imei sudha diblokir kerusakan hardware juga bisa terjadi. Seperti kerusakan pada komponen baseband. Selain itu efek bypass yang ada di iPhone juga bisa menyebabkan sinyal seluler di iPhone menjadi tidak bisa digunakan.

Kesimpulannya ada dua arti dari istilah Wifi Only. Yang pertama untuk perangkat tablet atau tab yang tidak memiliki slot kartu SIM dan hanya bisa mengandalkan konektivitas wifi serta Wifi Only pada perangkat smartphone yang sudah tidak bisa terhubung ke jaringan seluler.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Pernah mengalami data seluler di Android tidak bisa dimatikan? jika kalian pernah mengalaminya kalian bisa baca solusi mengatasi data seluler di HP tidak bisa dimatikan.


EmoticonEmoticon