Wajib Tau Letak Nomor SIM dan Nomor KTP Pada Kartu

Wajib Tau Letak Nomor SIM dan Nomor KTP Pada Kartu

KEPOINDONESIA.id - Kartu Tanda Penduduk dan Surat Izin Mengemudi merupakan kartu identitas resmi dari Negara yang bisa kita gunakan untuk keperluan tertentu. Namun tetea saja KTP lebih utama dari pada SIM. Walaupun begitu terkadang kita bisa memilih ingin menggunakan kartu identitas KTP atau SIM.

Salah satu kegunaan KTP dan SIM yaitu untuk membuka rekening Bank, mendaftar NPWP, dan membuat SKCK. Itu hanya beberapa fungsi dari KTP dan SIM yang umum digunakan. Jika kalian memiliki akun dompet digital DANA, OVO, atau LinkAja pasti pernah menggunakan KTP atau SIM untuk upgrade akun dompet digital kalian.

Karena jika kita tidak menggunakan kartu identitas resmi dari Negara, maka kita tidak bisa upgrade akun karena identitas kita tidak bisa dipercaya. Untuk registrasi atau mendaftar SIM Card atau daftar kartu perdana baru kini kita juga perlu yang namanya KTP.

Walaupun begitu jika kita ingin registrasi kartu perdana baru, hanya NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau bisa dibilang nomor KTP saja yang diperlukan. Selain NIK, Nomor KK juga dibutuhkan untuk registrasi SIM Card. Kita tidak perlu foto dari KTP yang kita miliki.

Sedangkan yang akan saya bahas kali ini ialah letak nomor SIM dan letak nomor KTP. Walaupun ini terlihat sederhana dan kemungkinan besar semua orang sudah mengetahuinya, namun saya tetap akan membahas topik yang satu ini.

Saya yakin masih ada orang yang belum tau letak nomor SIM bahkan nomor KTP sekalipun. Namun sebelum kita lanjut kalian bisa baca letak nomor SKCK dan letak nomor Ijazah. Mungkin saja masih ada beberapa orang yang belum tau dan khusus bagi pelamar kerja harusnya sudah tau.

Letak Nomor KTP


Letak Nomor KTP

Untuk letak nomor Kartu Tanda Penduduk ini sebenarnya sangat jelas sekali. Jika tertulis NIK pada KTP kalian, itulah nomor KTP yang kalian miliki. Karena sejatinya Nomor KTP sama dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Maka dari itu, sebelum kalian memiliki KTP kalian sudah memiliki nomor KTP atau NIK yang bisa dilihat di Kartu Keluarga, namun memang kalian belum memiliki kartu fisik KTP jika belum mendaftarnya.

Untuk keperluan yang hanya membutuhkan NIK tanpa foto atau fotocopy KTP, kalian bisa lihat no KTP atau NIK di Kartu Keluarga. Cara ini cukup berhasil untuk mendaftar SIM Card baru yang membutuhkan No. KK dan No. KTP.

Letak Nomor SIM


Letak Nomor SIM

Jika NIK pada KTP terletak di bagian atas sendiri, berbeda dengan nomor SIM yang ada di bagian bawah. Namun untuk nomor SIM ini jelas ada tulisan "No. SIM", yang menandakan bahwa itu nomor dari SIM kalian.

Karena berbeda dengan NIK, maka jarang orang yang mengingat No. SIM mereka. Namun untuk nomor KTP hampir semua orang ingat dan hafal dengan nomor KTP mereka masing-masing.

Nah itu dia letak nomor KTP dan nomor SIM. Untuk KTP sendiri memiliki jumlah nomor 16 digit sedangkan untuk SIM memiliki jumlah 12 digit. Selain itu nomor pada KTP dan SIM memiliki arti tersendiri, namun tidak akan saya bahas di artikel kali ini.

Jika sempat maka akan saya bahas mengenai kode nomor pada SIM dan KTP. Berhubung masih di pembahasan mengenai cek nomor, kalian juga perlu tau cara cek nomor rekening BCA Xpresi yang tidak memiliki buku tabungan.


EmoticonEmoticon