Sabtu, 02 Februari 2019

Pengertian dan Perbedaan Mobil Tipe MPV, SUV, Hatchback, dan City Car

Pengertian dan Perbedaan Mobil Tipe MPV, SUV, Hatchback, dan City Car

KEPOINDONESIA.id - Sekarang ini apa-apa sudah maju dan minat pun sudah berbeda dari beberapa tahun yang lalu. Beberapa tahun yang lalu nenek atau kakek kita impian mereka yaitu memiliki rumah yang besar dan bagus dengan kepemilikan tanah yang dimana-mana. Sangat berbeda dengan generasi yang sekarang ini.

Sekarang banyak yang sudah memiliki pandangan hal yang berbeda soal rumah yang akan ditinggalinya. Jika dulu banyak rumah yang besar namun isi atau peralatan dan kendaraannya pun bisa dibilang kosong "zonk" karena semua dananya dihabiskan untuk membangun rumah, berbeda dengan sekarang.

Namun sekarang malah harga dari kepemilikan kendaraannya bisa lebih mahal dari pada harga rumah itu sendiri yang kebanyakan tidak ada ruang untuk menyimpannya khususnya mobil. Di kota besar orang lebih mementingkan memiliki mobil dahulu daripada memikirkan rumah atau parkiran untuk mobil itu sendiri.

Jika bisa kalian lihat banyak mobil di kota-kota yang ada dijalanan berbeda dengan di desa walaupun di luar rumah tetapi mobil tersebut masih berada di tanah sang pemilik rumah. Selain itu banyak orang yang membeli mobil tipe bukan dikhususkan untuk perkotaan seperti mobil tipe SUV.

Ada juga seorang kepala keluarga yang tau bahwa keluarganya banyak malah membeli mobil bertipe Hatchback/City Car atau lebih parahnya malah membeli sedan yang artinya jika ingin membawa seluruh anggota keluarga harus menggunakan mobil yang lain yang rata-rata akan membeli mobil yang baru.

Tapi tau kah apa itu SUV, MPV, Hatchback, dan City Car?? Jika kalian belum tau simak penjelasan berikut soal pengerti mobil tipe SUV, MPV, Hatchback, dan City Car yang ada di Indonesia.

Mobil tipe MPV


Mobil tipe MPV

Mobil tipe MPV (Multi Purpose Vehicle) ini memiliki fungsi dan tujuan untuk mengangkut penumpang serta barang dalam jumlah yang banyak atau sering disebut mobil Keluarga. mobil jenis MPV ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran Mobil pada umumnya.

Mobil jenis ini rata-rata memiliki kapasitas 7 tempat duduk yang ditambah tempat untuk menyimpan barang bawaan yang relatif besar dan luas. Dan jika dibutuhkan untuk membawa barang bawaan yang banyak mobil tipe MPV ini tinggal melipat jok yang akan digunakan agar bisa digunakan untuk memasukan barang yang ingin dibawa.

MPV sendiri pertama kali diciptakan di Perancis pada tahun 1987 lewat kehadiran Renault Espace. Suatu kemajuan yang besar pada saat itu karena mobil jenis ini mampu mengangkut penumpang yang lebih banyak dengan beberapa barang bawaan. Di Indonesia mobil MPV ini seperti Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Suzuki Ertiga, oyota Kijang Innova dan masih banyak yang lainnya.

Mobil tipe SUV


Mobil tipe SUV

Mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle) merupakan mobil yang cocok dimiliki orang yang bekerja di 2 medan ataupun orang yang hobi travelling karena mobil tipe ini tangguh di dua medan sekaligus di off-road maupun on-road. Mobil jenis SUV ini begitu akrab bagi mereka yang gemar menyusuri berbagai tempat, dari medan yang biasa-biasa saja hingga medan tersulit sekalipun. Tak heran jika mobil jenis ini mampu melahap dua tipe jalanan dengan sangat mudah.

Mobil ini juga memiliki fungsi yang sama seperti mobil tipe MPV yaitu dapat membawa penumpang atau barang dalam jumlah yang cukup banyak, hanya bedanya mobil tipe MPV khusus di on-road jika tipe SUV bisa di off-road maupun on-road. Mobil tipe ini merupakan gabungan Jeep, pikap dan sedan jadi tak heran jika harganya lumayan mahal karena ketangguhannya melahap medan.

Mobil ini didesain memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh tetapi lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

Mobil ini juga mampu membawa banyak barang bawaan dengan jumlah penumpang yang bisa diangkut mulai 7 hingga 8 orang. Din Indonesia mobil bertipe SUV yaitu Daihatsu Terios, Honda CR-V, Toyota Rush, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruise, Mitsubishi Pajero, Ford Escape, Chevrolet Captiva dan masih banyak yang lainnya.

Mobil tipe Hatchback


Mobil tipe Hatchback

Hatchback atau yang sering disebut sedan tanpa buntut atau sedan buntung merupakan jenis mobil yang berbasis sejenis sedan dengan bagian belakang yang lebih pendek. Memang tujuan pabrikan membuat mobil tipe ini untuk memperingkas desain mobil dengan tetap mempertahankan fungsionalitasnya.

Dengan pintu bagasi yang bisa dibuka ke atas berbeda dengan jenis sedan pada umumnya membuat pengendara dapat memasukan barang bawaan secara mudah walaupun kapasitas nya lebih sedikit daripada mobil tipe SUV dan MPV. Di Indonesia mobil tipe Hatchback ini banyak digemari anak muda karena jarang membawa penumpang , salah satu mobil Hatchback yaitu Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Swift, Ford Fiesta, Honda Brio RS, VW Golf dan masih banyak yang lainnya.

City Car


City Car

City Car atau yang diartikan sebagai mobil perkotaan didesain hanya cocok untuk digunakan di dalam lalu lintas dan medan yang terdapat di dalam kota saja. Tipe City Car juga bisa dibawa untuk perjalanan jauh seperti keluar kota "medan yang biasa". Namun karena mobil jenis ini tidak didesain untuk itu maka penumpang biasanya akan terasa pegal karena duduk terlalu lama dan mesinnya yang akan terasa cepat panas.

City Car ini kebanyakan mobil kecil yang cocok digunakan dalam kondisi lalu lintas yang macet, menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bahan bakar jadi cocok bagi yang tinggal di perkotaa untuk dijadikan Daily Driver. Jika dilihat sekilas mobil tipe City Car ini hampir sama dengan mobil tipe Hatchback, namun ada sedikit berbedaan yang perlu kalian ketahui.

Rata-rata City Car memiliki dimensi serta kapasitas yang lebih kecil daripada mobil tipe tipe Hatchback. Jika tipe Hatchback ada yang 1.4L ada yang 1.5L, City Car di bawah itu. Di Indonesia mobil jenis ini yaitu seperti Daihatsu Sirion dan Kia Morning.

Itulah 4 tipe mobil yang populer di Indonesia yang mungkin banyak dari kalian belum tau apa sih tipe mobil itu. Untuk saya sendiri lebih suka mobil tipe Hatchback karena desainnya yang bagus, simple dan elegan.

Mungkin dari contoh antara mobil tipe Hatchback dan City Car ada yang tertukar jadi kalian jika ingin membelinya bisa melihat spesifikasi mobilnya dulu khususnya dimensi dan kapasitas mesinnya agar tau mobil tersebut tergolong Hatchback atau City Car.


EmoticonEmoticon