Cara Cek Hasil UN-UNBK Secara Online Terbaru

Cara Cek Hasil UN-UNBK Secara Online Terbaru

KEPOINDONESIA.id - Ujian sekolah saat ini sudah menggunakan metode UNBK (Ujian Sekolah Berbasis Komputer) yang sering disebut juga Computer Based Test (CBT) seperti pada seleksi CPNS. 

Sistem UNBK menggunakan 1 server dari pusat dan di hubungan oleh jaringan (singkronasi) ke server sekolah. Setelh itu siswa akan mengikuti test UNBK menggunakan server sekolah bukan pusat.

Untuk tahun 2019 atau tahun pelajaran 2018/2019 ini penggunaan UNBK sudah bisa dibilang merata, dari SMP/Sederajat dan SMA/SMK/Sederajat sudah menggunakan CBT UNBK, walaupun masih ada beberapa sekolah yang mengikutinya di sekolah lain karena keterbatasan alat. 

Adapun jadwal UNBK SMP/MTs 2019 dan SMA/SMK/Sederajat Tahun pelajaran 2018/2019 serta Cara mudah mengerjakan soal UNBK  sudah saya tulis artikelnya di blog ini.

Selain UNBK nya sendiri, menunggu hasil dari test UNBK juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas 2 cara mengecek atau melihat hasil UN-UNBK secara online.

Khususnya UNBK tahun 2019 atau tahun pelajaran 2018/2019 dan tahun depan yaitu 2019/2020. Berikut cara melihat hasil UNBK 2019:

Cek Hasil UNBK Lewat UBK KEMDIKBUD 


CEK HASIL UNBK LEWAT UBK KEMDIKBUD

1. Pertama tama kalian kunjungi situs UBK KEMDIKBUD di https://ubk.kemdikbud.go.id/

2. Setelah itu masukan username serta password sekolah yang telah tersedia

3. Cari menu UNBK setelah itu klik Laporan Hasil yang terdapat di bagian bawah

4. Nantinya akan akan data Upload Hasil UNBK yang akan terlihat mulai dari Username, Nama Siswa, Hari 1, 2, 3, 4 dan Sekolah Asal.

Cek Hasil UNBK Lewat PUSPENDIK KEMDIKBUD



CEK HASIL UNBK LEWAT PUSPENDIK KEMDIKBUD

1. Silakan kalian kunjungi situs PUSPENDIK KEMDIKBUD terlebih dahulu di https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ 

2. Setelah itu akan muncul menu "Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah", silakan isi kolom-kolom yang dibutuhkan untuk dapat melihat hasil Nilai UNBK nya

3. Isikan data seperti:

  • Jenjang: Pilih salah satu dari SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK
  • Provinsi: Pilih letak dimana provinsi sekolah kalian berada
  • Kota/Kabupaten: Pilih letak Kota/Kabupaten sekolah kalian berada
  • Staus Sekolah: Pilih salah satu Negeri atau Swasta
  • Jenis Sekolah: Pilih SMA, MA, atau SMK
  • NPSN: Isikan dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional kalian masing-masing
  • Kode Sekolah: Isi sesuai dengan kode sekolah masing-masing, setelah itu klik tombol Cari

Itulah cara melihat hasil UNBK 2019, kalian tidak usah khawatir soal UNBK. Karena jika kalian belajar dengan giat dan sungguh-sungguh saya yakin akan mudah, malah bisa dibilang UNBK lebih gampang daripada UN biasa yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK).

Mungkin biasanya masalah yang muncul saat UN-UNBK berlangsung seperti error nya VHD, Server dan Client yang error, Jaringan error ataupun malah mati listrik. Tapi semoga untuk UN-UNBK tahun 2019 lancar dan tidak ada masalah yang berarti. Untuk tau cara mengerjakan UNBK dan Soal Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016 bisa dilihat di Soal Ujian SMK dan Cara mengerjakan UNBK.

1 nhận xét so far

kak link yang 'puspendik kemdikbud' udah ga bisa ya?


EmoticonEmoticon