Kamis, 17 Januari 2019

Tips dan Trik Cara Mengerjakan UNBK Yang Benar dan Soal Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016

Tips dan Trik Cara Mengerjakan UNBK Yang Benar dan Soal Ujian SMK Tahun Pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016

KEPOINDONESIA.id - Ujian atau UNBK sebentar lagi. Sekarang ini baik SMP dan SMA/SMK Sederajat sekarang sudah menggunakan UNBK (Ujian Nasional Berbasi Komputer) atau Computer Based Test (CBT) dan tidak menjawab di LJK (Lembar Jawab Komputer) baik dengan cara menyilang atau melingkari jawaban yang kita pilih.

Dan biasanya sebelum pelaksanaan UN, pasti ada yang namanya TUC (Tes Uji Coba). Namun sekarang bukan TUC lagi, melainkan Simulasi UNBK. Simulasi UNBK sama dengan TUC, cuma langsung menggunakan Komputer seperti mengikuti UNBK secara langsung. Simulasi UNBK pun sejak pertama UNBK diterapkan pada 2 tahun lalu pada 2017 pun ada beberapa kali simulasi seperti TUC. Banyaknya waktu simulasi tergantung pihak sekolah masing-masing, tergantung waktu yang tersedia. Namun rata-rata TUC ataupun Simulasi UNBK yaitu sebanyak 3/Tiga kali.

Sebelum itu kalian bisa lihat Jadwal UNBK SMK/SMA Sederajat dan SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019 terlebih dahulu.

Kelebihan UNBK sendiri yaitu Lebih gampang dan mudah, karena kita tinggal klik jawaban tanpa harus menyilang atau melingkari, Tidak lagi memikirkan LJK yang kotor atau sobek jadi pikiran kita hanya terfokus ke Soal dan Jawaban, Terdapat daftar soal yang telah kita jawab seperti jawaban yang masih ragu-ragu dan soal yang belum dijawab ini sangat menguntungkan agar menghindari beberapa soal yang lupa kita jawab, dan Untuk pindah soal dari no. yang satu ke yang lain sangatlah mudah.

Untuk Tips dan Trik Menjawab Soal UNBK kalian bisa baca Tips dan Trik Menjawab Soal UNBK Dengan Metode Yang Benar agar mendapatkan nilai yang bagus dan maksimal. Untuk langkah mengerjakan Soal UNBK Tahun 2019, berikut caranya.

Langkah Mengerjakan Soal UNBK 2019 Dengan Benar

1. Login CBT


Kalian akan diberi kertas kecil yang terdapat username dan password kalian untuk login di CBT. Dan pastikan memasukan username dan password nya dengan benar agar menjawab soalnya lebih cepat dan teman yang lain tidak menunggu kalian. Karena untuk memulai UNBK harus bersama-sama, dan untuk keluar ruangan setelah UNBK juga harus bersama-sama juga.

2. Peraturan dan Tata Tertib Ujian


Peraturan dan tata tertib ujian sebenarnya tiap ujian dan tahun sama saja, apalagi Ujian Nasional 2019 ini. Ujian Nasional dan Ujian Sekolah peraturan dan tata tertib nya juga bisa dibilang hampir sama. Jadi patuhi peraturan dan tata tertib jangan sampai kalian melanggarnya.

3. Waktu Ujian


Alokasi waktu UNBK ini otomatis dimulai ketika kita mengklik mulai Ujian. Jadi di CBT ada waktunya sendiri dan tiap peserta bisa dibilang waktunya berbeda-beda walaupun hanya beberapa detik atau menit saja. Jadi perhatikan waktunya juga dan jangan terlalu fokus ke soal dan jawaban.

4. Logout CBT


Logout CBT juga perlu diperhatikan dan jangan asal keluar atau logout. Walaupun saya sudah lupa namun intinya jangan asal logout. Saat logout kita harus mencentang 1 atau 2 persetujuan yang intinya kita sudah mengikuti UNBK dan soal dan jawaban sudah kita isi semua. Dan jika kalian logout asal-asalan dan jawaban kalian tidak terekam kalian akan dimarahi oleh pengawas dan diwajibkan mengerjakan ujian lagi baik di sesi berikutnya atau sendirian.

Nah itu dia hal-hal yang perlu diperhatiakn saat UNBK Tahun pelajaran 2018/2019 ini. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan yang berarti yang dapat menimbulkan masalah baik diri kita sendiri atau terhadat orang lain.

Berhubung saya lulusan SMK, jadi saya akan membagikan soal Ujian SMK Tahun 2014/2015 dan Tahun 2015/2016 yang dulu saya gunakan untuk berlatih menghadapi UNBK (Ujian Nasional Berbasi Komputer) . Berikut soal Ujian yang bisa kalian download untuk latihan UNBK 2019.

Soal Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2014/2015 Bahasa Indonesia

Soal Ujian Nasional SMK Tahun Pelajaran 2014/2015 Matematika

Untuk mata pelajaran produktif seperti TSM (Teknik Sepeda Motor), TKR (Teknik Kendaraan Ringan), TKJ ( Teknik Komputer Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), Akuntansi, Busana, DLL kalian bisa memintanya kepada guru atau instruktur pembimbing di masing-masing kejuruan pasti akan dikasih.


EmoticonEmoticon