Senin, 13 Mei 2019

2 Arti dan Pengertian OCD Yang Perlu Kalian Ketahui

2 Arti dan Pengertian OCD Yang Perlu Kalian Ketahui

KEPOINDONESIA.id - Pernah gak sih kalian dengar istilah OCD? Atau pernah gak sih kalian liat seseorang membahas OCD di media sosial seperti di grup Facebook?. Saya sendiri tau soal OCD ini sudah cukup lama dan itupun tau dari teman di grup FB yang sedang membahas soal istilah tersebut. Namun belakangan ini ternyata ada arti OCD yang lain yang baru saja saya ketahui.

Yang saya tau dan awal saya tau soal OCD ialah sebuah program diet yang cukup ekstrim yang cukup banyak diikuti oleh kalangan remaja pria. Bagi yang tidak tau pasti juga bertanya-tanya, apa itu diet OCD. Karena rata-rata program diet tidak berupa singkatan seperti diet nasi, diet makanan tanpa rasa, diet katagonik, diet rendah lemah, diet enak dan masih bnayk macam-macam diet yang lainnya.

Ada juga jenis diet Keto. Diet keto sendiri adalah metode diet dengan cara menghindari makanan-makanan berkabohidrat dan gula secara berlebih dan menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak sehat, protein dan makanan bernutrisi lainnya. Namun untuk melakukan diet keto tidak boleh asalah-asalan, maka dari itu kalian bisa baca terlebih dahulu bahaya diet keto sebelum melakukan diet metode ini.

Kembali ke persoalan OCD, selain diet ternyata ada arti lain yaitu sebuah ganguan negatif yang ditandai dengan pikiran negatif yang menyebabkan penderita OCD ini menjadi gelisa, khawatir dan takut secara berlebihan. Nah untuk lebih jelasnya simak 2 pengertian OCD supaya kalian tau OCD artinya apa jadi tidak salah topik jika ada seseorang yang sedang membahasnya.

Diet 'OCD'


Diet 'OCD'

OCD yang pertama adalah Obsessive Corbuzier's Diet yang merupakan diet yang diciptakan oleh Deddy Corbuzier. Diet OCD atau istilah gampangnya jendela makanan adalah metode diet dengan mengistirahatkan perut dengan cara berpuasa sehari 6 jam - 8 jam tergantung dengan program jendela makan yang kalian pilih, yang pasti sesuai dengan kekuatan kalian ya.

Walaupun seperti berpuasa, namun kalian masih boleh untuk minum kapan saja namun hanya boleh minum minuman yang tidak berkalori seperti ari mineral, teh pahit, dan kopi pahit. Diet OCD ini ada 4 Jendela Makanan, yaitu

1. Berpuasa 16 jam, makan 8 jam

Jadi jika kalian menggunkan metode ini, jika dimulai dari pagi hari pukul 06:00, kalian hanya boleh makan sampai pukul 14:00 atau jam 2 siang, setelah itu kalian berpuasa untuk tidak makan tapi boleh minum sampai jam 06:00 ke esokan harinya.

2. Berpuasa 18 jam, makan 8 jam

Jadi untuk metode yang kedua ini adalah metode tingkat lanjut dari yang pertama. Dengan syarat kalian sudah terbiasa atau tahan dengan metode pertama. Jika dimulai dari pagi hari pukul 06:00, kalian hanya boleh makan sampai pukul 14:00 atau jam 2 siang, setelah itu kalian berpuasa untuk tidak makan tapi boleh minum sampai jam 08:00 ke esokan harinya. Dan waktu makan kalian dari jam 08:00-14:00 dan seterusnya.

3. Berpuasa 20 jam, makan 4 jam

Untuk yang ini bisa dibilang sudah cukup ekstrim. Jadi jika kalian mulai makan dari jam 08:00 , kalian akan mulai berpuasa dari jam 12:00 karena waktu makannya cuma 4 jam saja.

4. Puasa 24 jam

Jika kita berpuasa normalnya sekitar 13 jam saja sudah lemes, apalagi 24 jam dan hanya makan 1 hari 1 kali. Mungkin untuk cara ini bisa digunakan bagi pekerja freelance atau sejenisnya yang memiliki badan gemuk karena bekerja di depan komputer dan di dalam rumah tanpa pergi ke kantor. Jadi jika kalian makan setiap jam 6 sore, kalian bisa makan lagi jam 6 sore keesokan harinya.

Nah itu dia tentang diet OCD, Mungkin saya sarankan kalian terapkan seperti yang pertama saja namun setelah berpuasa hampir 16 jam kalian bisa olahraga secapek mungkin agar bisa membantu poses diet kalian.

OCD 'Obsessive Compulsive Disorder'


OCD 'Obsessive Compulsive Disorder'

Untuk OCD yang berikutnya yaitu bukan soal diet, namun gangguan mental. Obsessive compulsive disorder atau jika disingkat OCD adalah ganguan mental yang menyebabkan penderita gangguan ini akan merasa harus melakukan tindakan secara berulang dengan diliputi rasa cemas dan ketakutan.

OCD ini bisa menyerang siap saja, namun lebih sering terjadi pada orang yang akan menginjak dewasa. Namun perlu diketahui juga, anak-anak dan remaja juga bisa terserang gangguan Obsessive Compulsive Disorder ini.

Penyebab OCD 'Obsessive Compulsive Disorder'
  1. Ada salah satu anggota keluarga yang menderi OCD terlebih dahulu
  2. Menderita gangguan mental yang lain
  3. Pernah mengalami peristiwa tidak menyenangkan 
Gejala dan Contoh Perilaku OCD

Penerita OCD akan selalu melakukan perilaku atau tidakan secara berulang-ulang karena terpengaruh oleh pikirannya yang bergitu cemas, takut dan gelisa.

Nah itu dia arti dan pengertian kata OCD yang perlu kalian ketahui. Jadi jika ada seseorang yang membahas OCD namun tidak memberitahujan detaiknya secara sepesifik kalian bisa tahu terlebih dahulu OCD mana yang sedang dibahas.


EmoticonEmoticon