Selasa, 16 Oktober 2018

Cara Menjawab Soal Computer Assisted Test (CAT) Dengan Benar dan Cepat

Ilustrasi tes CAT

KEPOINDONESIA.id
- Pendaftaran CPNS 2018 di portal sscn.bkn.go.id sudah ditutup tanggal 15 Oktober 2018 kemarin. Setelah pelamar mendaftar di portal SSCN, pelamar akan menunggu proses Seleksi Administrasi dan dinyatakan lulus Seleksi Administrasi atau tidak.

Setelah dinyatakan lulus, pelamar akan melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berbentuk Test Kompetensi Dasar (TKD). Materi TKD tersebut antara lain Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).Untuk soal lainnya bisa lihat disini.

Selain SKD, ada juga tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang keduanya akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan cara cepat menjawab soal CPNS dengan cepat dan benar. Lebih tepatnya tips dan trik menjawab soal CPNS dengan cepat serta metode menjawab yang benar.

Tapi sebelum itu, kalian bisa mecoba simulasi CAT CPNS 2018 terlebih dahulu jika memungkinkan.

Persiapan


1. Pastikan kalian telah lulus Seleksi Administrasi CPNS 2018 maupun Verifikasi Dokumen, agar memicu semangat kalian dalam mempelajari soal-soal atau kisi-kisi untuk CPNS 2018 ini, baik TKD yang berupa TIU, TWK, dan TKP ataupun SKB yang berupa tes praktik kerja, tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, serta tes wawancara.

2. Pastikan kalian sudah tau tempat dimana kalian akan melaksanakan tes Computer Assisted Test (CAT). Jangan sampai kalian tidak tau tempat tersebut.

3. Jika ada dokumen atau berkas yang harus dibawa saat mengikuti tes CAT, segera siapkan dan jadikan satu dengan barang bawaan kalian yang mungkin akan kalian bawa saat mengikuti tes CAT.

4. Belajar dan Pahami soal dan jawaban dari H+ setelah pengumuman hasil Seleksi Administrasi sampai H-1 pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT). Ingat, Pahami soal dan Jawaban, dan buatlah perkiraan soal apa yang akan keluar.

5. Setelah H-1, Saya simpulkan kalian sudah mempelajari dan memahami soal dan jawaban yang telah kalian pelajari. Pada H-1 silakan baca kembali soal dan jawaban seperti anda sedang mengerjakan soal, tidak perlu dipahami terlalu dalam, karena proses ini untuk mencatat ke dalam otak semua soal yang kalian sudah baca. Jika dipahami terlalu dalam, soal yang mudah pun tidak ada tercatat oleh otak kita. Cara ini sangatkah efektif untuk soal pilihan ganda.

6. Jangan tidur terlalu malam saat besok akan mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT), untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit.

7. Saat pagi hari saat hari H, silahkan baca kembali soal dengan cara yang tertera pada no 5 tadi.

8. Datang tepat waktu ke tempat seleksi, tidak perlu terlalu cepat dan jangan sampai terlambat.

Tips dan Trik menjawab soal CPNS


1. Berdoalah terlebih dahulu, menurut Agama dan Kepercayaan masing-masing.

2. Jika dilarang membawa barang-barang elektronik atau semacamnya kedalam ruangan, pastikan anda meletakan atau menyimpannya di tempat yang benar dan aman agar tidak mengganggu kosentrasi saat mengerjakan soal.

3. Login ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan santai dan tenang saja. Tidak usah buru-buru ataupun gugup.

4. Berikut cara mengerjakan Computer Assisted Test (CAT) dengan cara yag benar.
  1. Mulai kerjakan dari atas terlebih dahulu, sebagai contoh soal nomer 1, 2 , 3, 4, 5 , jangan dari bawah 50, 49, 48 dst.
  2. Tinggalkan soal yang sulit, lalu kerjakan soal yang lebih mudah dahulu. Karena biasanya antar soal ada kaitannya dengan jawaban di soal yang lain. Karena itu kerjakan soal dari atas dahulu.
  3. Jangan sia-siakan waktu disoal yang mudah, jika sudah yakin dijawab walupun menjawab soal dalam 10 detik, silahkan tinggalkan saja dan terus menjawab soal lainnya. Karena kemungkinan kalian memang bisa menjawab soal itu. Soal yang sudah bisa dijawab harus ditinggalkan agar memperbanyak waktu luang untuk menjawab soal yang sulit. Apa aman ditinggalkan? Tentu aman. Apa kalian tidak akan berfikir nanti akan membaca ulang soal-soal itu semua? Disitulah kesempatan kalian untuk mengoreksi masing-masing jawaban yang telah kalian jawab.
  4. Perlu diketahui juga, tidak semua soal itu mudah, ringan, atau sulit. Boleh dibilang soal mudah ada 40%, ringan 20% dan sulit 20% persen, itu mungkin persentase secara umum.
  5. Setelah menjawab semua soal, kalian wajib untuk membaca tiap-tiap soal kembali sambil menganalisa jawaban yang sudah kalian jawab untuk menentukan benar atau tidaknya jawaban tersebut.

5. Setelah selesai mengerjakan soal, karena ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), hasil kalian akan langsung diketahui. Silahkan kalian cari dimana nilai-nilai tersebut akan diberitahukan. Yang pasti disekitaran lokasi tes.

Untuk bisa lulus seleksi CPNS 2018 ini, diwajibkan peserta harus lulus tes Seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) , yaitu harus memenui Passing Grade. Untuk itu silahkan cek 5 Kementerian yang akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018.


EmoticonEmoticon