Jumat, 12 Oktober 2018

Begini Cara Mencoba Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Resmi dari BKN

Ilustrasi peserta mengikuti simulasi CAT

KEPOINDONESIA.id - Pendaftaran CPNS 2018 di portal sscn.bkn.go.id 3 hari lagi akan ditutup. Banyak pelamar yang belum bisa ataupun belum sempat mendaftar, dan banyak juga pelamar yang sudah mendaftar serta sudah mengirimkan berkas ke instansi yang dilamar.

Beberapa pelamar yang sudah mendaftar dan mengirimkan berkas sekarang disibukkan dengan mencari materi-materi atau kisi-kisi untuk menghadapi proses seleksi selanjutnya. Sebagai contoh, dengan mencari contoh soal yang mungkin akan keluar di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Seleksi Kompetensi Dasar tersebut meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Dalam membantu pelamar dalam mengikuti tes SKD berbasi CAT, BKN menyediakan halaman seleksi simulasi Computer Assisted Test (CAT) untuk untuk sekedar berlatih soal-soal SKD seperti TKP, TIU, dan TWK.

Berikut ini cara mendaftar dan mencoba halaman simulasi resmi dari BKN.
  1. Kunjungi link berikut: http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php untuk login dan http://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar/ untuk mendaftar
  2. Login dengan email dan password
  3. Cek email jika dimintai kode verifikasi
  4. Jika berhasil login, kalian sudah bisa mencoba simulasi CAT dari BKN

Untuk SKD, benar menjawab mendapat skor 5 dan jika salah mendapat skor 0. Hasil tes SKD-CAT ini akan lansung keluar setelah tes selesai dilakukan oleh pelamar. Jika pelamar lolos tes SKD, pelamar akan melanjutkan ke tahap SKB. Seleksi Kompetensi Bidang meliputi tes Kesamaptaan dan tes Pengamatan Fisik dan Keteramapilan (FSK).


EmoticonEmoticon