Selasa, 16 Oktober 2018

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 5 Kementerian CPNS 2018

Ilustrasi portal SSCN

KEPOINDONESIA.id - Setelah proses pendaftaran CPNS online lewat portal sscn.bkn.go.id yang telah resmi di tutup, maka kini pelamar akan disibukan dengan tes selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Namun pelamar sebelumnya harus lulus tes Seleksi Administrasi terlebih dahulu. Jika tidak lulus dari Seleksi Administrasi, pelamar tidak akan melanjutkan ke proses selanjutnya, atau bisa dibilang gagal.

Berikut ini adalah 5 Kementerian yang akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018.
1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 19 Oktober 2018 mendatang.

Kemenkumham sendiri membuka formasi dari jenjang SMA, Diploma-III, Diploma-IV, Sarjana, Dokter, dan Pendidikan Magister.

2. Kementerian Luar Negeri
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 21 Oktober mendatang. Dengan memantau website e-cpns.kemlu.go.id.

Kemenlu sendiri membuka 125 formasi yang terbagi menjadi 110 formasi umum, 13 formasi lulusan terbaik, serta 2 formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 21 Oktober 2018, sama dengan Kemenlu.

Kemenkominfo sendiri membuka 291 formasi yang terbagi menjadi 245 formasi umum, 31 formasi lulusan terbaik, 6 formasi disabilitas, serta 9 formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

4. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR) akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 21 Oktober 2018, sama dengan Kemenlu dan Kemenkominfo.

Kementerian ATR sendiri membuka 1.700 formasi, terdiri dari 1.411 formasi umum, 170 formasi lulusan terbaik, 34 formasi disabilitas, serta 85 formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

5. Kementerian Keuangan
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengumumkan hasil Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 21 Oktober 2018, sama dengan Kemenlu, Kemenkominfo, dan Kementerian ATR.

Kemenkeu sendiri membuka 597 formasi, terdiri dari 542 formasi umum dan 55 formasi khusus.

Bisa disimpulkan, ada 1 Kementerian yang mengumumkan lebih awal, yaitu Kemenkumham. Dan sisa 4 Kementerian lainnya seperti Kemenlu, Kemenkominfo, Kementerian ATR, dan Kemenkeu akan mulai mengumumkan hasil seleksi Seleksi Administrasi mulai dari tanggal 21 Oktober 2018.

Untuk menghadapi proses berikutnya, berikut Cara Menjawab Soal di Seleksi SKD dan SKB yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan Cepat dan Benar.


EmoticonEmoticon