Cara Berjualan di Pasar Tradisional, Apakah Harus Daftar?

Cara Berjualan di Pasar Tradisional, Apakah Harus Daftar?

KEPOINDONESIA.id - Bagi kita yang tidak berdagang mungkin tidak tau apakah berjualan di pasar pergu mendaftar atau tidak. Karena tidak mungkin hanya perlu datang dan langsung berjualan, ini tidak mungkin sekali. Pasar yang saya maksud kali ini yaitu pasar tradisional.

Di pasar tradisional bisa kalian lihat sendiri penjualannya ada yang di bangunan, ada yang diluar tepat di depan bangunan, dan ada yang di pinggir jalan. Walaupun disediakan bangunan untuk penjual rata-rata penjual suka berjualan di pinggir jalan.

Alasannya apa? tentu saja menjemput rezeki. Karena pembeli lebih suka yang cepat dan terlihat jelas seperti penjual yang ada di pinggir jalan. Kembali ke topik, apakah jika ingin berjualan di pasar tradisional harus mendaftar?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas apakah perlu mendaftar atau tidak. Namun sebelum itu kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan trusted seller serta apa itu one size fits all dan one size pada ukuran pakaian.

Apakah Perlu Mendaftar Ketika Ingin Berjualan?


Bisa iya dan bisa tidak. Apabila kamu ingin berjualan di bangunan supaya jika panas tidak kepanasan dan jika hujan tidak kehujanan kalian perlu mendaftar terlebih dahulu. Selain itu jika ingin berjualan di kios kalian juga perlu mendaftar.

Karena memang tidak semua bisa ditempati secara langsung. Terlihat lebih nyaman tetapi sebenarnya jika bisa berjualan di tempat yang mudah dilihat dan diakses oleh calon pembeli supaya apa yang kalian jual mudah laku.

Apa Bisa Langsung Berjualan Begitu Saja?


Asalkan tidak di bangunan dan di dalam kios seharusnya kalian bisa langsung berjualan. Tetapi ada beberapa catatan yang perlu kalian garis bawahi. Yang pertama pastikan tempat kalian berjualan kosong alias tidak ada yang berjualan di tempat tersebut.

Untuk tau kosong atau tidak kalian bisa tanya ke penjual di sampingnya. Apabila memang kosong kalian bisa langsung berjualan. Dan yang kedua biasanya ada uang keamanan yang tidak besar, jadi berikan saja karena memang kalian berjualan di tempat tersebut gratis.

Apa Boleh Berjualan Yang Sudah Dijual Oleh Orang Lain?


Sangat boleh sekali tidak ada yang melarang. Bisa kalian lihat sendiri penjual sayuran, gorengan, ikan, ayam, sate, dan yang lainnya ada banyak sekali di pasar tradisonal dan tidak hanya satu penjual saja.

Hanya saja jika kalian berjualan yang sama lebih baik tidak berdekatan, minimal selisih 2 penjual supaya pembeli bisa memilih ingin beli di tempat kalian atau di penjual yang ada di samping kalian tadi.

Kunci berjualan khususnya untuk kuliner yaitu enak dan jika bisa harganya murah. Tidak harus benar-benar murah sekali tetapi jika bisa murah. Karena kombinasi enak dan murah sangat cocok untuk usaha kuliner.

Bagaimana dengan usaha lain? bisa menyesuaikan saja. Seperti ikan misalnya, ikan kalian harus fresh dan pilihan ukurannya yang umum saja. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar karena hanya akan membingungkan calon pembeli.

Dan jika memang sudah habis katakan sudah habis atau dalam jual beli online disebut sold out. Apa itu sold out? apabila kalian belum tau arti dari sold out kalian bisa baca artikel mengenai apa itu yang disebut sold out.

Yang jelas kalian bisa bertanya terlebih dahulu di penjual dan orang pasar. Apakah bisa berjualan, lalu tempatnya dimana, serta biaya iuran keamanan berapa. Supaya kalian ada persiapan dan tidak kaget.


EmoticonEmoticon