3 Solusi SIM Toolkit Tidak Muncul di Menu Aplikasi

3 Solusi SIM Toolkit Tidak Muncul di Menu Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Salah satu aplikasi yang sering muncul dan hilang sendiri yaitu aplikasi SIM Toolkit. Aplikasi ini pasti akan muncul jika kalian menambahkan kartu seluler ke perangkat ponsel yang kalian miliki.

Secara umum aplikasi SIM Toolkit akan muncul di smartphone seperti Android dan iOS. Tetapi tenang saja jika kalian pengguna HP jadul atau Feature Phone kalian bisa menemukan SIM Toolkit di Pengaturan.

SIM Toolkit adalah aplikasi standar sistem GSM yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berbagai hal. Seperti registrasi kartu perdana, membatalkan registrasi, pengecekan pulsa dan masa aktif serta bisa kalian gunakan untuk membeli paket.

Menu yang ada di SIM Toolkit pada masing-masing operator seluler berbeda-beda. Ada yang sangat simple dan sederhana dan ada yang memiliki banyak fitur dan menu lainnya layaknya Dial Up.

Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang solusi mengatasi menu atau aplikasi SIM Toolkit yang tidak muncul atau hilang sendiri. Karena memang aplikasi ini sering muncul dan hilang karena bukan aplikasi sistem.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel terkait lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Kalian bisa baca cara menghilangkan tulisan Tidak Ada Layanan serta cara menghilangkan pop up Matikan dan Hidupkan Kembali perangkat Anda.

Cara Memunculkan SIM Toolkit Yang Hilang


1. Pastikan Kartu SIM Terpasang


Seperti yang sudah saya jelaskan tadi aplikasi atau menu SIM Toolkit merupakan aplikasi standar GSM yang akan muncul saat kartu SIM ditambahkan ke perangkat. Jika perangkat tidak ditambahkan kartu SIM maka SIM Toolkit tidak akan muncul.

Di registrasi atau belum seharusnya SIM Toolkit akan muncul jika kartu SIM atau SIM Card telah ditambahkan. Jika tidak muncul pastikan nomor kalian sudah terdaftar dan teregistrasi secara penuh.

2. Cari di Setelan


Terkadang ada beberapa tampilan khusus di masing-masing perangkat Android yang disebabkan banyaknya varian UI. Jika SIM Toolkit dari awal sudah tidak muncul di App Drawer kalian bisa mencarinya di Setelan atau Pengaturan.

Kalian ketik saya di kolom pencarian dengan kata kunci "SIM Tookit". Cara ini mempermudah kalian karena SIM Toolkit tidak tau ada di menu apa.

3. Reboot Perangkat dan Tunggu


Yang terakhir kalian bisa reboot perangkat kalian. Cara ini bisa kalian lakukan karena reboot adalah salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah di perangkat elektronik yang menggunakan sistem operasi.

Sebenarnya SIM Toolkit yang tidak muncul atau tidak ada tidak perlu kalian cemaskan. Secara umum kalian tidak akan membutuhkan aplikasi tersebut. Karena menu yang ada di SIM Toolkit bisa kalian akses lewat kode dial.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat. Muncul iklan promo dari Planet 3? Jika kalian sering mendapati iklan dari Planet 3 kalian bisa baca cara menghilangkan pop up Planet 3.


EmoticonEmoticon