Penjelasan Mengenai Arti Sold Out, Booking, dan Booked Dalam Jual Beli

Penjelasan Mengenai Arti Sold Out, Booking, dan Booked Dalam Jual Beli

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin dari kalian pernah atau sering yang namanya melakukan proses jual atau beli barang bekas secara online, misalnya di grup Facebook. Sejak tahun 2014, jual beli di grup Facebook semakin populer hingga sekarang ini.

Saking populernya jual beli barang di Facebook, kini pihak Facebook membuat fitur sendiri yaitu fitur marketplace. Jadi selain kita bisa berjualan atau mencari barang di grup jual beli di Facebook, kini kita juga bisa mencari dan menjual barang di menu marketplace.

Jika yang kita bahas mengenai barang bekas, pasti ada istilah-istilah yang tidak akan kita temui jika kita menjual dan membeli barang baru. Seperti istilah cek barang, nego, dan minus pemakaian. Nah untuk yang akan saya bahas kali ini ialah Sold Out, Booking, dan Booked.
Pasti kalian pernah mendengar ketiga istilah tersebut. Ketiga hal tersebut tidak lepas dalam proses jual beli secara online. Jadi saya akan membahas ketiga istilah tersebut supaya kalian tau arti dan maksudnya apa.

Sold Out


Sold Out ini maksudnya barang terjual habis. Jadi jika awalnya penjual memposting lebih dari 1 barang, maka barang tersebut sudah terjual semua. Berbeda dengan Sold yang hanya memiliki arti terjual dan sold hanya untuk 1 barang saja.

Booking


Berikutnya yaitu Booking. Booking sendiri memiliki arti sudah dipesan. Atau booking ini bisa diartikan bahwa barang disimpan dan dipisahkan karena sudah ada yang menginginkannya. Walaupun begitu, jika masih booking maka barang tersebut masih bisa kita miliki jika orang yang membooking barang tersebut tidak jadi.

Booked


Sedangkan Booked hampir sama dengan booking, jadi barang sudah di pesan dan sudah ada kejelasan, misalnya sudah dikasih DP. Jadi jika ada barang yang sudah di booked kemungkinan orang tersebut batal membelinya sangatlah kecil.

Nah itu dia arti dari istilah Sold Out, Booking, dan Booked. Selain ketiga istilah tersebut, masih ada beberapa istilah dalam jual beli yang lain. Seperti Price List atau daftar harga, Last Stock atau stok terakhir, Ready Stock atau barang tersedia dan masih banyak yang lainnya.


EmoticonEmoticon