5 Cara Mengatasi File Tidak Mendukung Pemberian Akses ke Folder di HP Android

5 Cara Mengatasi File Tidak Mendukung Pemberian Akses ke Folder di HP Android

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini banyak pengguna HP Android yang mengeluhkan tidak bisa mengakses folder data bahkan sudah menggunakan aplikasi ZArchiver. Karena memang ZArchiver merupakan aplikasi pengelola file paling bisa diandalkan.

Karena apa? karena aplikasi ini ringan, mudah digunakan, dan fiturnya sudah lebih dari cukup. Memang ada aplikasi lain yang fiturnya lebih banyak, tetapi sayangnya tampilannya sedikit berbeda dan memang sudah digunakan.

Masalah yang banyak dialami oleh pengguna belakangan ini yaitu tidak bisa mengakses folder dengan keterangan seperti ini. "Versi aplikasi File tidak mendukung pemberian akses ke folder. Anda dapat menghapus instalasi pembaruan ini".

Karena memang folder Android ada yang tidak bisa diakses dan dibuka begitu saja. Nah yang menjadi pertanyaan apa solusinya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini supaya jika kalian mengalaminya kalian tau cara mengatasinya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lain yang sudah saya bahas. Seperti solusi izin ditolak saat memindah dan menghapus aplikasi serta kenapa folder Telegram tidak ada di File Manager atau Pengelola File.

Gunakan Aplikasi Pengelola File Lain


Kalian bisa gunakan aplikasi pengelola file lainnya selain yang kalian gunakan saat ini. Ada banyak sekali aplikasi pengelola file selain ZArchiver, jadi silakan kalian coba-coba siapa tau ada yang berhasil.

Install Versi Lama Aplikasi ZArchiver


Apabila kalian masih ingin menggunakan ZArchiver tidak ada pilihan lain selain install versi sebelumnya atau versi lama yang belum ada pembatasan. Untuk cara install kalian hanya perlu cari versi lama di Google dengan format .APK lalu install secara manual.

Coba Akses Lewat Perangkat Desktop


Maksudnya bagaimana? jadi silakan hubungkan HP Android yang kalian miliki ke laptop atau PC. Setelah terhubung seperti yang kalian tau kalian bisa mengakses penyimpanan HP kalian. Jadi silakan akses folder yang tidak bisa diakses tadi dengan cara ini.

Periksa Bahwa Sudah Dapat Izin Akses Root


Berikutnya kalian wajib memastikan bahwa sudah mendapat akses ke root. Apabila akses ke root sebelumnya kalian tolak maka wajar saja jika tidak bisa akses folder data yang ada di Folder Android. Silakan kalian izinkan terlebih dahulu jika memang belum.

Gunakan Aplikasi Shizuku


Untuk tutorial lengkapnya tidak akan saya bahas. Jadi silakan kalian cari tau sendiri cara menggunakan aplikasi Shizuku untuk mengakses folder yang tidak bisa diakses di perangkat Android seperti saat menggunakan aplikasi ZArchiver.

Entah kenapa semakin tinggi versi Android keamanan saat sebatas mengakses data diperketat. Padahal dulu tidak dan saya yakin data tersebut apabila tidak sengaja berubah atau terhapus tidak akan membuat HP menjadi rusak.

Karena dari pengalaman saya jika sengaja di pindah atau dihapus akan dibuat folder dan data baru secara otomatis. Untuk di iOS memang berbeda dan ini dari dulu, tetapi Android sendiri sumber terbuka jadi jika dibatasi apakah masih tetap terbuka?.

Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan mengenai masalah tidak bisa mengakses folder yang ada di Android. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi tidak bisa memindahkan atau cut file lewat File Manager.


EmoticonEmoticon