3 Penyebab File Manager Tidak Bisa Memindahkan File

3 Penyebab File Manager Tidak Bisa Memindahkan File

KEPOINDONESIA.id - Adanya File Manager atau Pengelola Berkas memudahkan kita untuk melihat semua file yang ada di memori internal atau yang ada di eksternal memori. Sebagai contoh file yang ada di memori telepon dan yang ada di kartu SD.

Seperti yang kalian ketahui banyak sekali file yang biasanya disimpan oleh seseorang. Memang jika file gambar, foto, dan video bisa dilihat di Galeri tetapi bagaimana untuk file yang lainnya?

Sebagai contoh file aplikasi dan dokumen. Kita bisa melihat semua file yang tersimpan apapun formatnya lebih mudah menggunakan aplikasi File Manager. Selain itu kita juga bisa dengan mudah menyalin atau memindahkan file dari folder satu ke folder yang lainnya.

Nah yang pernah saya alami yaitu tidak bisa memindahkan file dari satu folder ke folder lainnya. Baik dari folder yang ada di memori telepon ke folder yang ada di memori telepon juga atau ke folder yang ada di kartu SD.

Permasalahan ini sering saya alami dan mungkin pernah kalian alami juga. Lalu kenapa kita tidak bisa memindahkan atau menyalin file untuk di pindahkan? ada beberapa penyebab yang bisa membuat proses salin atau pemindahan file terganggu.

Untuk tau lebih jelasnya langsung saja kalian simak beberapa penyebab yang membuat proses pemindahan file menjadi gagal. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara hapus folder kosong serta cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang lama.

Penyebab Tidak Bisa Memindahkan File di File Manager


1. Ukuran File Terlalu Besar


Yang pertama karena ukuran file yang ingin kalian copy atau cut terlalu besar. Misalnya file video atau game yang memiliki ukuran file lebih dari 1 GB. Di beberapa ponsel Android memindahkan file dengan ukuran lebih dari 1 GB terasa berat.

Oleh karena itu tidak jarang saat ingin memindahkan file manager terhenti atau keluar secara paksa (force close). Jika HP yang kalian miliki memiliki spesifikasi yang pas-pasan kalian bisa memindahkan atau menyalin file dengan bantuan komputer.

2. File Terlalu Banyak


Berikutnya karena file terlalu banyak. Ini bisa terjadi jika kalian memindahkan file dalam jumlah yang banyak dengan cara di tandai. Walaupun total ukuran tidak terlalu besar misalnya hanya 100 MB tetapi jika ada 1000 file maka aplikasi Pengelola Berkas tidak akan kuat.

Saran saya pindahkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak maksimal 100 file sekali memindahkan atau menyalin. Jika terlalu banyak aplikasi yang kalian gunakan tidak akan mampu walaupun menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Root Explorer atau ZArchiver.

3. Masalah Perizinan


Yang terakhir karena masalah perizinan aplikasi. Seperti yang kita ketahui di Android versi terbaru kini masing-masing izin aplikasi di atur secara manual saat aplikasi pertama kali dibuka. Oleh karena itu beri izin aplikasi yang kalian gunakan.

Sebagai contoh berizin untuk mengakses memori telepon dan kartu SD. Jika tidak diberi izin maka proses salin, pindahkan, atau bahkan proses penghapusan file tidak akan bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi jika kalian tidak bisa memindahkan atau menyalin file lewat File Manager di Android. Selain itu semakin bagus spesifikasi perangkat yang kalian gunakan jumlah file yang di transfer juga akan meningkat.

Misalnya di HP Android keluaran tahun 2017 hanya bisa memindahkan file dengan size maksimal 2 GB. Tetapi di HP keluaran tahun 2020 bisa memindahkan file dengan size sampai 10 GB.

Mengenai ruang penyimpanan mungkin kalian perlu baca tentang pengertian memori sistem di HP Android. Saya yakin kalian sedikit bingung tentang apa sebenarnya memori sistem itu. Karena memori sistem saat membeli HP sudah digunakan dalam jumlah yang banyak.


EmoticonEmoticon