5 Cara Mengatasi Card Reader Tidak Terbaca Saat Dihubungkan

5 Cara Mengatasi Card Reader Tidak Terbaca Saat Dihubungkan

KEPOINDONESIA.id - Tahukah kalian yang namanya card reader? saya yakin banyak yang tau dan banyak yang tidak tau. Bagi kalian yang masih sering pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas dan ngeprint seharusnya tidak asing dengan yang namanya card reader.

Tetapi jika kalian sudah melewati masa tersebut saya kira jika tidak tau wajar saja. Karena pada saat ini sudah lebih canggih yaitu menggunakan wireless atau bisa juga menggunakan flashdisk, jadi jika tidak tau card reader saya maklumi saja.

Penggunaan card reader untuk sekarang ini memang tidak banyak. Wajar saja jika kamu tidak tau menau. Nah misalnya kalian yang masih sering menggunakan tetapi belakangan ini sering mengatasi card reader tidak terbaca kalian berada di artikel yang tepat.

Karena kali ini saya akan menjelaskan solusi mengatasi card reader yang tidak terbaca saat dihubungkan ke PC atau laptop. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi izin ditolak di kartu memori serta kenapa data dan file yang ada di HP sering hilang sendiri.

Lepas Pasang Card Reader


Yang pertama kalian bisa coba lepas pasang card reader untuk mengatasi permasalahan seperti card reader yang tidak terbaca. Cara ini biasanya berhasil apabila tidak ada kendala lain selain card reader rusak atau kartu memorinya yang bermasalah.

Lepas Kartu Memori Dari Card Reader


Apabila masih belum berhasil kalian bisa coba lepas kartu memori dari card reader. Setelah kalian lepas silakan kalian bersihkan pada kuningan kartu memori atau kartu SD dan pada card reader juga bisa kalian bersihkan.

Colokan di Port Yang Lainnya


Untuk di laptop biasanya ada 2 port dan di PC biasanya ada 2 port di depan dan 2 port dibelakang. Jadi silakan kalian coba di port lain karena jika terlalu sering digunakan port tersebut bisa longgar dan sulit membaca.

Gunakan Card Reader Lainnya


Jika kalian memiliki card reader lainnya bisa kalian coba. Apabila tidak ada maka bisa kalian usahakan untuk pinjam atau beli yang baru. Atau bisa juga menghubungkan HP langsung ke perangkat desktop tanpa menggunakan card reader.

Kartu Memori Yang Bermasalah


Dan yang terakhir jika masih belum berhasil maka bisa disimpulkan kartu memori yang bermasalah. Tidak ada cara lain selain memastikan bahwa kartu memori tidak bermasalah. Jika memang bermasalah maka data yang ada di dalamnya tidak akan bisa dibaca.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi masalah card reader yang tidak bisa membaca. Ini hal yang biasa saya alami dan biasanya masalah utama pada port. Tidak hanya card reader, masalah juga sering terjadi jika kalian menghubungkan sebuah flashdisk.

Selain menggunakan card reader sebenarnya kalian bisa menggunakan adapter kartu memori. Tetapi adapter ini tidak dijual terpisah tidak seperti card reader. Adapter biasanya didapatkan jika memberi kartu memori yang khusus untuk penggunaan kamera.

Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara hapus file serbaneka yang menumpuk. File serbaneka memang sering menumpuk dan sebenarnya bisa dihapus.


EmoticonEmoticon