3 Penyebab Data dan File di HP Yang Hilang Sendiri

3 Penyebab Data dan File di HP Yang Hilang Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Hilangnya data atau file di HP Android sering kali di alami oleh beberapa orang. Sebagai contoh file lagu, aplikasi, data game, ataupun dokumen. Rata-rata file yang hilang berada di folder download alias file yang kita dapatkan dari internet.

Sebenarnya masalah file yang hilang tidak terjadi di semua HP Android. Tergantung faktor apa yang menyebabkan file dan data tersebut hilang. Ada 2 faktor setahu saya yang bisa menyebabkan file hilang sendiri baik di memori telepon atau di kartu SD.

Yang pertama yaitu faktor pengguna dan yang kedua faktor sistem. Apa bedanya kedua faktor tadi? bedanya jelas sekali yaitu jika faktor pengguna karena kesalahan pengguna sedangkan faktor sistem karena kesalahan sistem.

Mungkin bukan kesalahan sistem, hanya saja kita yang tidak tau. Jika data dan file sudah hilang tidak mungkin kita kembalikan kecuali di download ulang. Oleh karena itu supaya kalian tau kenapa data di HP bisa hilang sendiri kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang sistem Android. Seperti efek melakukan restart atau reboot serta penyebab tidak bisa memindahkan file dari Komputer ke HP.

Penyebab File Hilang Sendiri


1. Tidak Sengaja Terhapus


Kemungkinan pertama yaitu karena tidak sengaja terhapus. Penyebab yang satu ini merupakan penyebab pertama yaitu faktor pengguna. Mungkin saja kalian menghapus folder yang berisi file-file penting dan kalian tidak sadar.

Atau saat menghapus file dalam jumlah yang banyak file penting yang kalian miliki ikut tertandai dan terhapus. Oleh sebab itu kalian harus memastikan pernah melakukan penghapusan file atau folder tidak.

2. Terhapus Oleh Penghapus Sampah


Karena file sampah dan cache semakin hari semakin banyak maka pihak vendor menyediakan aplikasi penghapus sampah bawaan. Berbeda dengan penghapus sampah yang bisa di unduh dari Play Store penghapus bawaan terbilang cukup agresif.

Agresif disini yaitu menghapus file dan data yang di unduh dari internet. Entah kenapa file-file seperti itu ikut terhapus padahal bukanlah sampah. Oleh karena itu pastikan aplikasi pembersih sampah yang kalian gunakan tidak menghapus file-file seperti itu.

3. Tersimpan di Internal Memori


Penyebab terakhir karena file tersimpan di memori telepon atau internal memori. Misalnya kalian ingin melakukan penghapusan secara menyeluruh atau hard reset tetapi kalian lupa file penting yang ada di memori telepon belum di pindah ke kartu SD.

Jika sudah begitu saat HP Android selesai di hard reset maka semua data yang ada di memori telepon akan hilang termasuk file penting yang kalian miliki.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan file hilang sendiri padahal kalian tidak merasa menghapusnya. Jika memang file tersebut sangat penting saran saya coba simpan file tadi ke Cloud Storage.

Terakhir bagi kalian yang baru menggunakan smartphone pasti bingung kenapa layar HP bisa terang dan redup sendiri. Jika kalian belum tau alasannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Itu adalah fitur pencahayaan supaya memudahkan pengguna di situasi apapun.


EmoticonEmoticon