4 Cara Memperbaiki Tang Yang Macet Yang Tidak Bisa Membuka dan Menutup

4 Cara Memperbaiki Tang Yang Macet Yang Tidak Bisa Membuka dan Menutup

KEPOINDONESIA.id - Sering ingin menggunakan tang tetapi saat dibutuhkan malah tang seret dan tidak bisa membuka ataupun menutup? hal ini sangat sering terjadi. Kebiasaan menyimpan tang secara asal-asalan ketika tidak dibutuhkan merupakan faktor utamanya.

Ketika kalian menyimpan tang secara asal-asalan biasanya tang akan dipenuhi debu dan kotoran. Nah debu dan kotoran ini biasanya akan membuat tang menjadi sulit digunakan dan biasanya diperparah dengan munculnya karat.

Memang bisa diatasi jika diperlukan tetapi jika terburu-buru ingin menggunakan tang tersebut tentu saja hal ini sangat merepotkan. Supaya kalian tidak bingung apabila kalian mengalami tang seret kalian berada di artikel yang tepat.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai tang yang macet dan seret. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai biaya jasa pasang ban dan ganti ban di bengkel serta pembahasan mengenai bata ringan dan hebel.

Paksa Dengan Buka Tutup


Cara paling mudah yang bisa kalian lakukan yaitu paksa tang dengan cara paksa untuk membuka dan paksa untuk menutup. Cara ini tanpa perlu bantuan alat atau bahan apapun cukup dengan tenaga saja.

Bersihkan Bagian Penghubung Tang


Apabila tetap seret dan macet kalian bisa bersihkan pada bagian penghubung tang. Silakan kalian bersihkan jika ada kotoran dan liat apakah terlumasi atau tidak. Yang terpenting silakan kalian bersihkan sampai bersih.

Berikan Pelumas Supaya Licin


Walaupun karatan jika sudah diberi pelumas seperti oli atau minyak goreng tang bisa digunakan kembali dan tidak akan mempengaruhi kinerjanya. Hanya saja lebih baik bersihkan terlebih dahulu pada bagian penghubung sebelum diberi oli.

Gunakan Tang Sesekali


Supaya tidak seret dan menjadi macet gunakan tang sesekali walaupun kalian tidak membutuhkannya. Untuk saya sendiri biasanya membutuhkan tang untuk membuka penutup oli pada bagian atas sepeda motor saat ganti oli.

Masalah utama tang dan gunting yang seret atau macet yaitu karena karatan dan tidak terlumasi. Untuk tang mungkin karatan tidak masalah tetapi untuk gunting khususnya gunting makanan jangan sampai berkarat. 

Kecuali gunting selain gunting makanan seperti gunting seng atau yang lain. Gunting kain juga disarankan tidak boleh karatan karena jika karatan untuk menggunakan kain hasilnya kurang bagus dan tidak rapi.

Sekian pembahasan dari saya mengenai karat pada tang dan membuat tang menjadi seret dan macet. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca kenapa gear depan sepeda motor bunyi kasar padahal gear belakang tidak.


EmoticonEmoticon