Perbedaan Panjenengan, Sampeyan, dan Riko Dalam Bahasa Jawa

Perbedaan Panjenengan, Sampeyan, dan Riko Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Kalimat ini mungkin sering kalian jumpai apabila kalian sedang di Jawa. Seperti "Panjenengan tiyang pundi", "Sampeyan ngertos mboten", ataupun "Riko wangsul kapan". Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai kata riko, sampeyan, dan panjenengan.

Ketiganya memiliki arti yang sama tetapi dalam Bahasa Jawa penggunaanya berbeda. Seperti yang kalian tau ada yang dinamakan Krama Halus, Krama Kasar, dan Ngoko. Nah ketiganya mewakili hal tersebut.

Mengucapkan dan paham Bahasa Jawa memang bagus, tetapi jika belum pandai semua kata saya kira tidak masalah. Karena sejatinya jika sudah terbiasa akan bisa sendiri tanpa kalian pelajari lebih lanjut.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas apa arti panjenengan, sampeyan, dan riko dalam Bahasa Jawa. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Seperti apa yang dimaksud dengan So Fun, bahasa gaul yang banyak digunakan serta apa yang dimaksud dengan baru keluar goa dan suhu turun gunung. Ini dia pembahasan mengenai apa arti dari kata sampeyan, riko, dan penjenengan.

Panjenengan Dalam Bahasa Jawa

Kata "Penjenengan" merupakan kata kamu dalam Bahasa Jawa Krama Halus yang biasanya digunakan ketika mengobrol dan berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang yang kita hormati walaupun tidak lebih tua.

Sampeyan Dalam Bahasa Jawa

Kata "Sampeyan" merupakan kata kamu dalam Bahasa Jawa Krama Kasar yang biasanya digunakan ketika mengobrol dan berbicara dengan orang yang sempantaran atau yang seumuran seperti teman ataupun orang lain.

Riko Dalam Bahasa Jawa

Kata "Riko" merupakan kata kamu dalam Bahasa Jawa Ngoko yang biasanya digunakan pada orang-orang yang sudah akrab dengan kita. Walaupun lebih tua jika sudah akrab rata-rata akan menggunakan panggilan "Riko" daripada "Panjenengan".

Selain sampeyan, riko, dan panjenengan ada juga yang disebut dengan kowe atau koe. Ini benar-benar Bahasa Jawa ngoko yang hanya digunakan kepada sesama teman atau seseorang yang umurnya dibawah kita seperti anak kecil.

Rata-rata sesama teman dan sahabat jika tidak menggunakan kowe maka menggunakan sampeyan. Bisa disesuaikan saja dengan kebiasaan dan tata berbicara sehari-hari karena masing-masing individu berbeda-beda.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti apa yang disebut dengan panggah. Karena banyak yang mengatakan panggal angel, panggah semangat, dan panggah yang lainnya.


EmoticonEmoticon