4 Cara Memfoto Hewan Kecil Seperti Serangga Supaya Hasilnya Bagus

4 Cara Memfoto Hewan Kecil Seperti Serangga Supaya Hasilnya Bagus

KEPOINDONESIA.id - Ingin memfoto atau memotret objek yang kecil? kalian bisa langsung memotretnya seperti biasa. Asalkan cahaya mencukupi hasilnya tetap bagus, oleh karena itu lebih disarankan di luar ruangan dan tidak di dalam ruangan.

Teknik memotret objek yang kecil ini disebut dengan macro photography. Walaupun benda apa saja yang kecil bisa dijadikan objek tetapi biasanya tetap objek hidup. Seperti hewan kecil seperti serangga atau tumbuhan dan bunga.

Dengan kamera biasa kalian masih bisa mengambil foto makro, tetapi untuk hasil yang lebih bagus kalian bisa menggunakan lensa makro yang ada di HP kalian. Ingat lensa makro dan bukan lensa ultrawide karena keduanya berbeda.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas cara memotret dan mengambil gambar dengan cara makro. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai kegunaan FPS otomatis yang ada di kamera iPhone serta berbedaan foto blur dan foto bokeh.

Cari Objek Yang Ingin Kalian Foto


Yang pertama kalian bisa cari objek yang ingin kalian foto. Bebas saja sesuai dengan keinginan dan selera kalian. Untuk yang mudah tentu saja tanaman dan tumbuh karena tidak bergerak secara signifikan tidak seperti hewan.

Lebih Baik di Luar Ruangan


Yang berikutnya pastikan kalian mengambil fotonya di luar ruangan. Untuk tanaman sudah pasti di luar ruangan. Sedangkan untuk hewan terkadang ada hewan yang kalian temukan di dalam rumah. Walaupun ditemukan di dalam rumah kalian bisa memotretnya diluar.

Gunakan TriPod


Penggunaan tripod supaya kamera lebih stabil. Agar fungsi tripod tidak terganggu kalian bisa gunakan waktu dan tidak perlu menekan tombol shutter. Karena menekan tombol shutter terkadang membuat tripod menjadi goyang.

Jika Bisa Gunakan Lensa Makro


Dan yang terakhir jika bisa gunakan lensa makro untuk hasil objek yang lebih detail dan tetap dapat efek blur pada latar belakang. Tetapi jika tidak ada lensa makro menggunakan lensa utama tidak masalah yang terpenting bukan ultrawide.

Selebihnya bisa kalian pelajari sendiri seiring berjalannya waktu. Apabila kalian hanya sekedar penasaran biasanya baru beberapa kali kalian akan merasa bosan. Tetapi jika sudah passion kalian tetap akan telur belajar.

Dari pada makro saya sendiri lebih suka ultrawide karena hasilnya lebih bagus dan cocok untuk mengabadikan moment dan pemandangan. Tidak seperti makro, lena ultrawide masih jarang ditemui di HP dibawah 2 jutaan bahkan dibawah 3 jutaan.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan tanggal di foto supaya tidak tampil. Ini biasanya digunakan untuk laporan dan dokumentasi kantor, untuk penggunaan pribadi hal ini tidak perlu.


EmoticonEmoticon