Bokeh dan Blur Ternyata Sesuatu Yang Berbeda

Bokeh dan Blur Ternyata Sesuatu Yang Berbeda

KEPOINDONESIA.id - Blur salah satu hasil foto yang dulu diinginkan oleh setiap orang. Pengguna ponsel pintar dulu berlomba-lomba mengambil gambar dengan latar belakang blur. Mudahnya selain objek utama objek lainnya akan menjadi blur.

Tetapi belakangan ini blur sudah tidak diminati lagi karena ada yang lebih baik dan bagus yaitu Bokeh. Apa itu bokeh? bokeh dan blur bisa dibilang sama yaitu mengaburkan objek lain selain objek utama.

Dilihat secara sekilas khususnya objek lampu sangat mudah sekali membedakan bokeh dan blur. Untuk membedakan blur dan bokeh tidak cukup dengan dilihat sekilas, kalian harus tau perbedaan yang paling mencolok antara kedua.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan pengertian Bokeh dan Blur serta perbedaan antara keduanya. Saya akan menjelaskannya secara mudah dan singkat supaya mudah dipahami oleh kalian semua.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi kamera HP yang goyang saat digunakan serta mengenal aspek rasio pada foto dan video.

Apa Itu Blur


Blur merujuk latar belakang atau background diluar objek utama. Di luar area fokus objek utama akan blur karena penggunaan ruang yang tajam dan dangkal. Ciri utama blur yaitu antara objek satu dan yang lainnya akan memiliki kesamaan.

Sebagai contoh objek diluar fokus utama sebelah kanan tanaman dan sebelah kiri lampu. Maka keduanya memiliki kesamaan blur alias tidak memiliki ciri khas. Blur dapat dihasilkan oleh berbagai jenis kamera dan lensa asal memiliki software pendukung.

Apa Itu Bokeh


Bokeh merupakan kualitas objek diluar fokus utama. Kualitas disini bukan kualitas gambar atau yang lainnya akan tetapi lebih ketajaman gambar. Bokeh adalah blur yang lebih ringan dengan efek memutar, itu yang saya lihat.

Tidak seperti blur, bokeh memiliki ciri khas pada bagian bokeh masing-masing objek akan menghasilkan bokeh yang berbeda. Bisa dibilang bokeh seperti pembiasan yang membuat objek diluar objek utama tidak terlihat jelas.

Perbedaan Bokeh dan Blur


Ada beberapa perbedaan antara Blur dan Bokeh seperti blur tidak terpengaruh dengan lensa dan bukaan kamera sedangkan bokeh sangat terpengaruh. Selain itu blur tidak dipengaruhi jarak sedangkan masing-masing bokeh bisa berbeda tergantung jarak pengambilan foto.

Selain itu blur bisa untuk semua objek dengan menghilangkan titik fokus sedangkan bokeh tidak bisa hanya akan fokus ke objek utama dan objek lainnya akan buram. Selain itu perbedaan lainnya bisa kalian lihat sendiri antara foto blur dan bokeh.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang bokeh dan blur serta perbedaannya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Baik blur atau bokeh perangkat dan software yang lebih canggih akan menghasilkan blur dan bokeh yang lebih baik.

Kamera Laptop kalian buram? kalian bisa baca kenapa kamera webcam Laptop buram atau tidak jelas. Apakah memang kualitasnya seperti itu atau karena faktor dan penyebab yang tidak diketahui.


EmoticonEmoticon