4 Cara Agar Burung Dara Tidak Hilang Atau Tidak Pulang

4 Cara Agar Burung Dara Tidak Hilang Atau Tidak Pulang

KEPOINDONESIA.id - Burung dara masih menjadi burung yang diminati di perkampungan dan perdesaan karena sering dilombakan. Karena untuk mengadakan lomba burung dara mudah maka peminat burung ini masih sangat banyak.

Lomba burung dara sendiri soal kecepatan karena burung dara bukan termasuk burung kicau. Selain itu yang suka dengan burung yang bisa terbang jauh dan dapat pulang ke rumah pasti juga berminat dengan burung dara.

Di Jawa sendiri sebutan burung ini terkadang disebut dara dan juga sering disebut dengan doro. Memelihara burung dara sangat mudah sekali, tidak harus di kandang karena bisa dipelihara secara liar. Hanya saja mungkin jika ingin di tangkap akan sedikit sulit.

Apakah kalian sering kehilang burung dara saat diterbangkan? jika iya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas nanti mengenai cara supaya burung dara tidak hilang atau tidak pulang saat di terbangkan dan menjadi bandangan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menangkap burung dara yang lepas atau burung dara liar serta manfaat asinan untuk burung puter dan perkutu.

Jangan Diterbangkan Apabila Masih Baru


Benar sekali, jika burung dara yang kalian miliki masih baru saran saya jangan diterbangkan terlebih dahulu walaupun tidak jauh. Biarkan burung terbang sendiri untuk benar-benar memastikan tau rumahnya ada dimana.

Terbangkan Mulai Dari Jarak Dekat


Apabila sudah cukup lama kalian bisa terbangkan dengan jarak dekat. Ini dilakukan untuk menghindari burung dara yang bingung dan nyasar dan menjadi tidak pulang. Karena memang perlu waktu.

Terbangkan Dengan Burung Dara Lainnya


Yang berikutnya kalian bisa terbangkan dengan burung dara lainnya supaya tau arah pulang. Jika sendirian kemungkinan nyasar cukup tinggi khususnya burung dara yang belum tau betul rumahnya ada di mana.

Jangan Terbangkan Saat Siang Hari Terik


Ada beberapa alasan, yang pertama tentu saja panas dan membuat burung dara menjadi cepat lela. Dan yang berikutnya sinar matahari yang silau bisa membuat burung dara kebingungan dan lupa arah dan bisa nyasar.

Itu dia beberapa cara apabila burung dara atau burung doro yang kalian miliki sering hilang saat diterbangkan. Dari apa yang saya ketahui ada 2 penyebab utama kenapa burung dara sering tidak pulang dan menjadi bandangan.

Yang pertama karena belum hafal rumah pemiliknya dan yang kedua karena terlalu capek. Sebenarnya jika terlalu capek tetapi hafal rumah burung dara bisa pulang. Hanya saja terkadang sudah di incar oleh orang lain karena sudah menjadi bandangan.

Sekian pembahasan dari saya mengenai burung dara yang sering tidak pulang dan menjadi bandangan. Sebelum saya akhiri kamu bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas mengenai burung lovebird yang macet bunyi secara tiba-tiba.


EmoticonEmoticon