4 Cara Mengatasi Reel Pancing Yang Macet dan Tidak Mau Berputar

4 Cara Mengatasi Reel Pancing Yang Macet dan Tidak Mau Berputar

KEPOINDONESIA.id - Reel salah satu perlengkapan memancing yang wajib kalian miliki selain joran pancing. Memancing ikan sebenarnya tidak wajib dengan reel karena yang wajib tersedia yaitu joran, senar pancing, dan kail pancing.

Tetapi supaya kalian bisa memancing diberbagai jenis spot mancing reel sangat dibutuhkan. Khususnya jika kalian sering memancing di tempat yang agak jauh dan pasti mengendarai sepeda atau motor.

Maka joran yang kalian gunakan wajib dipasangi reel. Reel memancing untuk pemula murah saja harganya tidak lebih dari 50ribu. Tetapi ada harga ada rupa, yang murah pasti cepat berkarat, tidak terlalu kuat, dan sering macet sendiri.

Nah apabila reel pancing yang kalian miliki macet dan tidak bisa berputar untuk menggulung senar pancing kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Akan saya bahas mengenai solusi mengatasi reel pancing yang tidka berputar atau seret.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti kalian harus tau beberapa istilah populer saat memancing serta kalian harus tau umpan belum yang paling ampuh yang mudah didapatkan.

Reel Tidak Dikencangkan Secara Berlebihan


Pertama pastikan reel tidak dikencangkan secara berlebihan walaupun tujuan kalian bagus supaya reel tidak berderit saat disambar ikan yang besar. Karena kalian hanya memancing di sungai hanya ada sedikit ikan yang bisa menarik reel pancing sampai reel menjadi bunyi dan berderit.

Bersihkan Reel Pancing Dari Debu


Selanjutnya kalian bisa bersihkan reel dari kotoran dan debu tanpa membongkarnya. Cara ini hanya bisa dilakukan jika kalian memiliki kompresor angin. Jika kalian tidak memilikinya kalian bisa datang ke bengkel kenalan kalian dan silakan izin menggunakan kompresor angin yang dimiliki.

Bongkar Reels dan Bersihkan


Apabila kalian tidak mau meminta izin menggunakan kompresor angin di bengkel kalian bisa bongkar reel pancing yang kalian miliki dan bersihkan sendiri. Cara ini bisa lebih baik asalkan kalian tau komponen yang ada di dalam reel.

Lumasi Reel Pancing Setelah Dibongkar dan Dibersihkan


Sebelum kalian rakit kembali reel pancing yang sudah kalian bongkar jangan lupa lumasi komponen yang ada didalam reel. Bisa menggunakan oli baru walaupun sedikit tetapi lebih baik daripada menggunakan oli bekas.

Kasus reel pancing seret dan macet sangat jarang terjadi kecuali reel tersebut sebelumnya pernah tertimbun tanah yang membuat tanah masuk ke dalam reel. Jika memang sudah pernah tertimbun tanah baik tanah kering atau tanah basah membongkar reel wajib kalian lakukan.

Tidak hanya tanah saja, pasir juga bisa membuat reel macet dan tidak dapat berputar. Oleh karena itu gunakan reel dengan hati-hati atau jika kalian mancing di tempat yang sulit kalian bisa beli reel yang murah asalkan masih kuat menahan sambaran ikan sasaran kalian. 

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai reel pancing yang tidak bisa berputar atau seret. Sebelum saya akhiri jika kalian mancing tidak pernah dapat ikan kalian bisa baca artikel mengenai tips memancing supaya dapat ikan yang banyak.


EmoticonEmoticon