Penyebab Laptop Sleep Tapi Baterai Habis Padahal Mesin dan Layar Mati

Penyebab Laptop Sleep Tapi Baterai Habis Padahal Mesin dan Layar Mati

KEPOINDONESIA.id - Melakukan sleep laptop umumnya dilakukan karena ingin ditinggal terlebih dahulu untuk mematikan layar. Karena jika ditunggu sleep sendiri biasanya lama harus menunggu 15 menit baru layar laptop sleep.

Seperti namanya sleep hanya tidur sejenak dan laptop dalam keadaan hidup tetapi tidak semua komponen aktif. Ciri khusus ketika laptop sedang dalam keadaan sleep yaitu indikator akan berkedip-kedip.

Apabila tidak berkedip bisa dikatakan sedang hibernate atau dalam keadaan mati. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa dalam keadaan sleep baterai laptop habis padahal laptop tidak menyala?.

Ini mungkin yang banyak ditanyakan oleh pengguna laptop. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau apa itu Sort By Name dan Sort By Type serta cara melihat notifikasi dan pemberitahuan yang ada di Windows 10.

Kenapa Baterai Laptop Habis Dalam Keadaan Sleep?


Seperti namanya Sleep hanya untuk sementara saja dan hanya untuk menghemat daya daripada laptop dibiarkan hidup. Komponen RAM masih teraliri listrik oleh karena itu indikator pada laptop tetap menyala karena laptop memang dalam keadaan aktif.

Hanya saja RAM yang tetap aktif dan lainnya tidak. Saat RAM aktif menyalakan laptop akan lebih cepat dan tugas yang sedang kalian kerjakan dalam keadaan sleep tidak akan tertutup. Jadi wajar saja jika dalam keadaan sleep baterai berkurang.

Bagaimana Supaya Baterai Laptop Tidak Berkurang?


Pilihannya ada 2 yaitu hibernate atau shut down. Baik shut down atau hibernate keduanya tidak akan menyimpan tugas. Hanya saja untuk hibernate proses booting lebih cepat daripada shut down.

Cocok sekali bagi kalian yang sering menghidupkan dan mematikan laptop. Tetapi jika kalian sering melakukan hibernate saran saya tetap perlu shut down miliki sebulan sekali supaya up time perangkat kembali dari 0.

Jadi kalian jangan salah pilih antara sleep dan hibernate. Apabila kalian sedang di kantor dan ingin kalian tinggal meeting beberapa menit kalian bisa pilih sleep. Atau jika meeting nya lama kalian juga bisa pilih sleep tetapi hubungkan laptop dengan daya listrik.

Sedangkan jika kalian ingin pulang tidak disarankan laptop dibawa dalam keadaan sleep karena dalam mempengaruhi komponen yang sedang aktif. Tidak ada pilihan selain hibernate ataupun shut down.

Sekian pembahasan dari saya kenapa baterai laptop tetap berkurang saat keadaan sleep. Sebelum saya akhiri apabila kalian tidak tau fungsi tombol Alt Gr dan Alt kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon