Perbedaan Sort By Name, Size, Item Type, dan Date Modified di Windows

Perbedaan Sort By Name, Size, Item Type, dan Date Modified di Windows

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang sering mengoperasikan perangkat Windows baik laptop atau PC kalian harus tau perbedaan antara filter sort folder dan file yang ada di File Explorer. Yang pertama ada Sort By Name, yang kedua Size, yang ketiga Item Type, dan yang terakhir Date Modified.

Keempat tadi memiliki filter yang berbeda-berbeda tergantung kegunaannya. Tanpa saya jelaskan seharusnya kalian sudah tau perbedaan tadi masing-masing opsi tersebut. Apabila kalian belum tau kali ini saya akan membahasnya untuk kalian.

Ini wajib kalian manfaatkan saat ingin mencari dan menentukan file dan folder di File Explorer. Sayang sekali jika kalian tidak tau fitur ini karena itu ini sangatlah bermanfaat dan saya yakin akan membantu kalian.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya bahas perbedaan antara keempatnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara pin folder ke Quick Access di File Explorer serta cara ekstrak file .RAR yang benar di File Explorer pada Windows 10.

Sort by Name


Ini akan menampilkan folder dan file sesuai namanya berdasarkan abjad dari A-Z atau dari Z-A. Bisa kalian pilih ingin dari A-Z atau Z-A disesuaikan saja dengan kebutuhan. Yang jelas akan diurutkan dari abjad.

Sort by Size


Sesuai namanya yaitu Size, ini diurutkan dari ukuran folder dan file yang ada. Bisa dari kecil ke besar dan bisa dari besar ke kecil. Folder dan file akan dicampur karena akan diurutkan berdasarkan dari ukuran.

Sort by Item Type


Ini sebenarnya sama seperti Sort by Name. Jadi selain namanya yang sesuai jenis dari file juga akan diurutkan. Sebagai contoh paling atas folder, dibawahnya file dengan format .DOCX, dibawahnya file dengan format .RAR dan seterusnya.

Sort by Date Modified


Sedangkan ini akan diurutkan berdasarkan file dan folder tersebut dibuat dan ditambahkan. Ini cocok sekali untuk mencari folder dan file baru alih-alih mencarinya dengan nama lebih baik dengan cara kapan ditambahkan.

Gunakan sesuai kebutuhan supaya kalian tergantung dengan masing-masing pilihan. Yang paling sering saya gunakan yaitu Sort by Name dan Sort by Date Modified. Untuk yang lainnya jarang saya gunakan karena tidak saya butuhkan.

Bagi yang tidak tau, setelan ini tidak merata di semua folder File Explorer melainkan di masing-masing folder. Jadi bisa kalian atur di setiap masing-masing folder sama halnya pilihan Large Icons, Medium Icons, dan Small Icons.

Sekian pembahasan dari saya mengenai fitur sort di File Explorer. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin mengembalikan aplikasi yang hilang di layar depan atau layar desktop PC atau laptop yang kalian miliki kalian bisa baca pembahasan mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon