4 Penyebab Ban Belakang Sepeda dan Sepeda Motor Yang Sering Bocor

4 Penyebab Ban Belakang Sepeda dan Sepeda Motor Yang Sering Bocor

KEPOINDONESIA.id - Apakah ban belakang motor atau sepeda kalian sering bocor? jika iya kalian harus tau apa saja yang bisa membuat ban belakang sepeda dan sepeda motor sering bocor. Padahal jalan yang kalian lewati halus bahkan sangat harus.

Tidak hanya karena tertancap benda tetapi ada beberapa penyebab lainnya yang tidak banyak diketahui. Umumnya ban bocor karena tertancap benda yang tajam seperti batu, ranting pohon, paku, dan yang lainnya.

Selain karena benda tadi ada beberapa faktor penyebab yang tidak terpikirkan oleh sebagian orang. Baik pengendara sepeda ataupun sepeda motor. Supaya kalian tau kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti letak nomor rangka motor shougun kebo serta cara mengatasi lampu rem belakang sepeda motor yang mati dan tidak menyala.

Karena Tertusuk Benda Tajam


Penyebab pertama seperti apa yang sudah saya saya jelaskan yaitu karena tertusuk benda tajam saat sedang dikendarai. Bisa batu, ranting pohon, batu, dan benda lainnya yang bisa mampu menembus ban luar sepeda motor.

Karena Ban Minta Diganti


Tidak hanya bagian luar saja yang perlu kalian perhatikan tetapi bagian dalam ban juga. Ban luar terdiri dari beberapa lapisan dan ada lapisan kawatnya. Apabila lapisan kawat pada sisi dalam ban luar sudah muncul ini bisa menusuk ban dalam dan membuat bocor.

Velg Tidak Rata


Apabila ban sering dilepas dari velgnya maka velg akan sering dicongkel. Saat proses dicongkel terkadang membuat konstruksi velg menjadi sedikit berubah dan ada lecet yang lecet tadi bisa membuat lubang pada ban dalam.

Velg Tidak Rapat


Ini khusus untuk ban tipe tubeless. Apabila ban tidak rapat atau cenderung peang akan membuat udara di dalam ban menjadi keluar. Ini tidak bisa dikatakan bocor tetapi jika tidak kalian perbaiki kalian akan repot sendiri.

Nah itu dia beberapa penyebab yang sering membuat ban belakang sepeda dan sepeda motor sering bocor. Kenapa saya mengatakan ban belakang? karena ban belakang yang menahan beban lebih berat jadi memang yang paling sering bocor.

Supaya tidak salah penanganan kalian bisa datang ke bengkel yang ahli supaya jika kalian bocor terus bengkel tersebut menyarankan untuk melakukan perbaikan lain. Seperti ganti ban luar atau menggerinda velg yang tidak rata.

Sekian pembahasan dari saya mengenai ban belakang sepeda motor yang sering bocor. Sebelum saya akhiri jika suspensi depan motor kalian sering jedug kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasinya.


EmoticonEmoticon