Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Suzuki Shogun Kebo/Shogun 110

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Suzuki Shogun Kebo/Shogun 110

KEPOINDONESIA.id - Honda memiliki Supra, Yamaha memiliki Jupiter, sedangkan Suzuki memiliki Shogun. Dari Shogun yang pernah diproduksi oleh Suzuki, Shogun kebo menjadi salah satu motor paling ikonik dan menjadi motor paling bandel dari Suzuki.

Sebandel-bandelnya Supra bapak masih ada Shogun kebo. Shogun kebo atau Shogun 110cc memang terkenal sangat bandel. Apalagi CDI dari Shogun 110 ini sering sekali digunakan di motor lain dari pabrikan lain juga.

Bahkan motor keluaran terbaru terkadang oleh pemilikinya diganti dengan CDI Shogun kebo yang notabenenya motor bebek lama 110cc yang jauh ketinggalan jaman. Misalnya tertarik ingin membeli Shogun kebo kalian harus tau letak nomor rangka dan nomor mesin Shogun kebo ini.

Sebagai calon pemilik atau pemilik kalian harus tau posisi dari nomor mesin dan nomor rangka supaya jika kalian membutuhkan dan ingin mengeceknya kalian sudah tau posisi dari nomor tersebut berada dimana.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas letak posisi nomor mesin Shogun kebo dan nomor rangka Shogun kebo. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan ban dan roda serta cara pesan sparepart motor kalian di bengkel resmi Yamaha, Honda, atau Suzuki.

Letak Nomor Mesin Suzuki Shogun 110 atau Shogun Kebo


Letak Nomor Mesin Suzuki Shogun 110 atau Shogun Kebo

Untuk nomor mesin sudah pasti berada di mesin. Masing-masing sepeda motor dari pabrikan yang berbeda terkadang letak nomor mesinnya berbeda juga. Bisa saja letak nomor mesin Shogun kebo berbeda dengan versi Shogun terbaru.

Untuk Shogun 100cc nomor mesinnya berada tepat dibawah mesin sebelah kiri dan bisa kalian lihat lewat kolong dari kiri sepeda motor. Terlihat jelas nomornya dan ada di sebelah kiri, jika kalian melihatnya dari sebelah kanan tidak akan terlihat.

Letak Nomor Rangka Suzuki Shogun Kebo atau Shogun 110



Sedangkan untuk nomor rangka berada di sisi kanan jadi kalian bisa melihatnya dari kanan sepeda motor. Sesuai namanya nomor rangka berada pada rangka dan bukan pada mesin. Karena rangka luas maka nomor rangka biasanya berbeda-beda letaknya.

Untuk Suzuki Shogun kebo letaknya disebelah kanan dan di dekat switch rem belakang. Terlihat jelas sekali ada nomor rangka dan posisinya dekat switch rem belakang. Tidak perlu bongkar tebeng untuk bisa melihat nomor rangka dari Shogun kebo ini.

Pajak Tahunan Suzuki Shogun Kebo atau Suzuki Shogun 110


Pajak Tahunan Suzuki Shogun Kebo atau Suzuki Shogun 110

Karena sudah membahas nomor rangka dan nomor mesin akan saya bahas juga pajak tahunan dari Shogun kebo ini. Jadi untuk Suzuki Shogun Kebo atau Shogun FD110 unyuk PKB setahunnya sekitar 40ribu saja.

Sedangkan untuk SWDKLLJ sekitar 50ribuan. Jadi untuk setahun pajak Shogun 100cc sekitar 80 ribu sampai 100ribu. Tergolong murah dan bisa kalian rawat dengan baik jika kalian memiliki Shogun kebo yang masih mulus.

Selain Shogun kebo ada juga Suzuki Shogun R atau Shogun 110 R. Akan saya bahas juga nanti jika memang Shogun R ini memiliki banyak peminat. Astrea dan Grand akan saya bahas juga nanti mengingat kedua motor tadi terbilang cukup legend.

Motor lama memang terkenal tangguh dan bandel. Sayangnya jika kalian membeli bekas sangat sulit untuk mendapatkan yang masih bagus dan original. Kecuali jika kalian mendapatkan yang mesin, rangka, dan perkabelan masih bagus kalian bisa beli body baru supaya tampilannya lebih keren.

Itu saja pembahasan saya kali ini mengenai posisi letak nomor rangka dan nomor mesin dari Shogun 110 atau yang dikenal Shogun kebo. Sebelum saya akhiri jika kalian pengguna Jupiter Z1 1DY saya yakin kalian kebingungan saat ingin ganti filter fuel pump. Apa solusinya? untuk tau solusinya kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon