4 Cara Mengatasi Tutup Oli Bagian Atas Sepeda Motor Yang Sulit Dibuka

4 Cara Mengatasi Tutup Oli Bagian Atas Sepeda Motor Yang Sulit Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Tutup oli mesin motor atau stik oli motor terkadang sangat sulit dibuka sama halnya membuat baut pembuangan oli. Bedanya untuk tutup atau stik oli ini berbahan plastik jadi jika tidak hati-hati bisa patah dan akan merepotkan.

Ini biasanya terjadi pada sepeda motor bebek, sedangkan untuk motor matik terkadang desain dari stik oli berbeda dan harus dibuka dengan obeng minus. Yang jelas jika tidak hati-hari tutup oli akan sulit kalian buka.

Karena bagian tutupnya bisa dol karena bahan plastik yang tidak tahan tekanan saat sedang dibuka. Bagaimana jika kalian mengalami kendala tutup oli mesin atau stik oli mesin motor sulit dibuka? kalian berada di artikel yang tepat.

Kali ini saya akan membahasnya supaya kalian yang sedang mengalami hal tersebut tidak kerepotan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai cara mengatasi motor yang tidak bisa di engkol serta berapa biaya setting CO pada motor Yamaha di bengkel resmi Yamaha.

Gunakan Pelapis


Untuk membuka tutup oli mesin pada motor bebek supaya lebih awet silakan kalian lapisi dengan kain atau tisu sebelum kalian buka menggunakan tang. Cara ini wajib dilakukan supaya tutup stik oli tidak lecet dan tidak mudah patah.

Buka Ketika Mesin Sedang Panas


Untuk baut pembuangan memang tidak disarakan dibuka dalam keadaan mesin panas. Tetapi untuk tutup oli mesin bisa kalian buka saat mesin panas karena bahannya plastik dan pasti akan mudah dibuka ketika mesin dalam keadaan panas.

Lumasi Dengan Oli Baru


Apabila masih tidak bisa dibuka dan sulit silakan kalian lumasi oli baru sedikit saja pada bagian pinggir. Cara ini dilakukan supaya oli tadi masuk dan sedikit memberikan pelumasan pada stik oli saat sedang dibuka.

Bawa ke Bengkel


Masih belum berhasil? supaya tidak rusak lebih baik kalian bawa ke bengkel. Selain alat di bengkel lebih lengkap mekanik juga sudah pengalaman dan pasti sudah menangani masalah yang sama jadi mereka tau bagaimana cara untuk membukanya.

Saran dari saya sewaktu mengencangkan secukupnya saja supaya saat dibuka lebih mudah. Apabila terlalu kencang jika ingin dibuka pasti akan sulit jadi secukupnya saja dan bisa kalian rasakan apabila sudah cukup kencang.

Selain itu saat membuka atau mengencangkan harus kalian lapisi dengan kain atau tisu. Untuk kasus tutup oli mesin di motor matik harus kalian buka secara hati-hati karena jika tidak hati-hati akan dol pada bagian yang digunakan untuk memutar stik tersebut.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara membuka stik tutup oli yang sulit dibuka. Sebelum saya akhiri apabila kalian mengalami remote motor Nmax tidak berfungsi kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon