4 Cara Membakar Singkong atau Ketela Yang Benar Supaya Tidak Gosong

4 Cara Membakar Singkong atau Ketela Yang Benar Supaya Tidak Gosong

KEPOINDONESIA.id - Singkong atau ketela bakar sangatlah enak apabila kalian membakarnya dengan benar. Untuk mendapatkan rasa yang sedang memilih singkong yang bagus penting sekali. Tetapi jika kalian hanya memiliki singkong yang ala kadarnya ini tidak masalah.

Karena rasanya masih nikmat apalagi jika dimakan saat masih panas. Penting sekali tau cara bakar singkong atau ketela yang benar supaya tidak gosong. Walau kulit singkong terlihat tebal dan lama matangnya tetapi sebenarnya tidak.

Bakar ketela terbilang cepat dan ini yang biasanya diabaikan. Karena merasa matangnya lama singkong dibiarkan saja dan akhirnya gosong. Selain kurang sedang jika gosong kalian akan kesulitan memakan singkong tadi karena kulit yang gosong akan sulit dibuka.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas cara bakar ketela singkong yang benar supaya matang sempurna dan tidak gosong. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan ubi dan singkong serta apa yang dimaksud dengan vitamin W.

Bersihkan Kulit Singkong Dari Tanah


Ini perlu dilakukan supaya singkong atau ketela matang dengan sempurna. Karena jika masih ada tanah yang menempel membuat singkong tidak matang sempurna karena tanah tadi membuat panas tidak langsung terkena singkong.

Cukup Gunakan Bara Api


Yang berikutnya cukup menggunakan bara api saja tidak perlu langsung di api yang menyala. Untuk membuat bara api sangat mudah dan ada berbagai caranya. Jika tidak banyak ketela yang ingin dibakar cukup gunakan beberapa serabut kelapa dan ranting kayu, ini sudah lebih dari cukup.

Wajib Membalik Singkong


Kesalahan besar saat membakar ketela singkong yaitu tidak dibalik sama sekali dari awal sampai akhir. Kemungkinan gosongnya sangat tinggi, walaupun ketela tetap matang tetapi bagian yang gosong akan lebih banyak.

Angkat Jika Sudah Empuk


Apabila kalian tekan dengan kayu sudah empuk dan tidak keras seperti singkong mentah kalian bisa angkat singkong tersebut. Ini sudah matang dan bisa kalian nikmati selagi hangat karena akan lebih nikmat.

Cara diatas khusus singkong atau ketela, bagaimana dengan ubi? untuk ubi sama saja tetapi lebih cepat matang. Karena kulit ubi lebih tipis dan memang lebih cepat matangnya daripada ketela.

Kuncinya ada dua yaitu menggunakan api membara dan wajib di bolak-balik supaya matang merata dan tidak gosong. Jika gosong tentu saja bagian yang bisa dimakan akan lebih sedikit karena sudah gosong tadi.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara bakar ketela atau singkong. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin membuat arang untuk bakar sate cepat menyala kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon