Ubi dan Singkong, Ini Dia Perbedaannya

Ubi dan Singkong, Ini Dia Perbedaannya

KEPOINDONESIA.id - Ubi dan Singkong menjadi salah satu makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Biasanya di wilayah yang tidak bisa ditanami padi mereka mengganti dengan tanaman lainnya seperti Ubi dan Singkong.

Singkong dan Ubi sama-sama populer dan tidak jarang keduanya disamakan. Selain itu terkadang ada yang membalik yang seharusnya Ubi tetapi disebut sebagai Singkong dan yang seharusnya Singkong disebut sebagai Ubi.

Ubi atau Ubi jalar merupakan anggota dari famili Convolvulaceae dalam genus Ipomoea. Ini merupakan tanaman budidaya yang memanfaatkan bagian akarnya yang membentuk umbi untuk keperluan konsumsi.

Sedangkan Singkong merupakan tanaman perdu tahunan yang tergolong dalam famili Euphorbiaceae di genus Manihot. Singkong juga terkenal dengan sebutan Ketela Pohon atau Ubi Kayu.

Nah yang menjadi pertanyaan, apa perbedaan antara keduanya? supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Sebelum lanjut kalian bisa baca cerpen tentang pertanian dan alam serta pantun tentang keindahan alam.
 
1. Bentuk

Bentuk antara keduanya sangatlah berbeda. Bentuk Ubi mirip tanaman berumbi lainnya. Sedangkan bentuk Singkong cenderung ramping dan memanjang seperti akar serabut dengan ukuran besar.

2. Sebutan

Keduanya memiliki sebutan yang berbeda. Ubi atau Ubi Jalar sering disebut sebagai Ketela Rambat. Sedangkan Singkong sering disebut sebagai Ketela Pohon atau Ubi Kayu. Sedangkan secara umum Ubi disebut dengan Ubi Jalar sedangkan Ketela disebut dengan Singkong.

3.Warna dan Tekstur

Tekstur Ubi dan Singkong sangat berbeda, karena Ubi lebih lembut. Sedangkan soal warna Ubi lebih bervariasi dan banyak. Sedangkan singkong hanya ada satu warna yaitu putih dan putih kekuningan tergantung dari jenisnya.

Masih ada banyak perbedaan Singkong dan Ubi, akan tetapi saya hanya menyebutkan yang sudah saya sebutkan diatas. Intinya Singkong dan Ubi berbeda dan jangan sampai keliru menyebut Singkong sebagai Ubi atau menyebut Ubi sebagai Singkong.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Tidak tau perbedaan jurusan RPL dan TKJ? kalian bisa baca artikel tentang perbedaan jurusan TKJ dan RPL yang sering dianggap sama.


EmoticonEmoticon