Estimasi Ongkos dan Biaya Perbaikan atau Ganti Dinamo Starter Sepeda Motor Yang Kasar atau Tidak Berfungsi

Estimasi Ongkos dan Biaya Perbaikan atau Ganti Dinamo Starter Sepeda Motor Yang Kasar atau Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Apabila starter pada motor kalian sudah bunyi cetak-cetak atau cetek-cetek menandakan bahwa dinamo starter sudah bermasalah. Masih bisa kalian gunakan sampai beberapa bulan tetapi terkadang saat di starter akan sulit.

Ini tidak berpengaruh sama mesin sekali tetapi dapat merusak dinamo starter apabila sebenarnya masih bisa diperbaiki. Kasus ini biasanya terjadi di motor bebek atau motor sport yang masih menggunakan persneling.

Untuk motor matik sangat jarang terjadi dan yang sering terjadi tidak bisa di engkol atau kick starter macet. Untuk tau apa penyebab motor starter pada sepeda motor bunyi cetak-cetak dan apa tindakan yang bisa kalian lakukan kali ini akan saya bahas.

Masih bisa diperbaiki beberapa kali jadi kalian tidak perlu melakukan penggantian dinamo starter. Untuk hanya servis saja biaya atau ongkosnya murah saja. Tetapi jika kalian ganti dinamo starter harga dari dinamonya terbilang mahal.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas penyebab, cara memperbaiki, dan ongkos perbaikan dinamo starter motor. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara indent sparepart motor di bengkel resmi serta kegunaan Yamaha Carbon Cleaner pada motor Yamaha.

Penyebab Dinamo Starter Motor Rusak


Ini bisa terjadi karena saat kamu ingin starter posisi persneling atau gigi tidak di netral yang membuat kinerja dinamo menjadi lebih berat. Awal-awal memang tidak masalah tetapi yang seharusnya dinamo bisa awet sampai 3 tahun jadi hanya awet 1 tahunan saja.

Apa Bisa Diservis Saja Tanpa Ganti Dinamo?


Tentu saja bisa, apabila arangnya yang habis atau putus bisa kalian pasang ulang atau ganti saja karena mudah. Apabila magnetnya lepas bisa kalian lem walaupun tidak tahan lama setidaknya masih bisa bertahan 3 bulanan.

Kapan Harus Ganti Dinamo Starter Dengan Yang Baru?


Bisa kalian ganti apabila sudah sering kalian servis dan memang sudah tidak dapat bertahan lagi. Ini demi kebaikan kalian juga karena jika ganti yang baru dinamo starter tidak akan bermasalah dan kalian tidak perlu servis terus.

Berapa Ongkos dan Biaya Perbaikan Starter Motor?


Untuk servis atau pemasangan dinamo baru antara 50 ribu sampai 75 ribu saja untuk di bengkel resmi. Apabila kalian ganti dinamo tinggal ditambah harga dari dinamo itu sendiri yang biasanya harganya diatas 200 ribu.

Supaya dinamo tetap awet saat berhenti silakan netralkan gigi supaya kalian tidak lupa saat ingin starter motor saat awal. Karena jika dalam posisi masuk gigi kinerja dinamo akan jadi lebih berat dan menjadi cepat aus.

Selain karena hal itu saya belum tau pasti penyebab lainnya, kemungkinan besar karena sudah aus dan waktunya ganti. Asalkan pemakaian benar dinamo dapat bertahan hingga 5 tahun walaupun setiap hari motor kalian gunakan.

Itu saja pembahasan dari saya mengenai penyebab starter motor bermasalah hingga biaya perbaikannya. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau efek jika rantai sepeda motor tidak kalian lumasi hanya demi kebersihan.


EmoticonEmoticon