Cara Mengatasi Sensor Kompas Tidak Bisa Dikalibrasi Supaya Akurat

Cara Mengatasi Sensor Kompas Tidak Bisa Dikalibrasi Supaya Akurat

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi kompas di HP agar bekerja secara maksimal harus kalian kalibrasi apabila hasilnya tidak sesuai dengan arah yang ditunjukkan. Ini bisa terjadi karena beberapa faktor mulai dari faktor ringan atau faktor yang cukup berat.

Untuk faktor ringan seperti karena error atau malah software. Sedangkan untuk faktor yang berat seperti hardware yang bermasalah karena sering jatuh, pernah kemasukan air, atau karena kendala serupa lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya? saya sendiri belum pernah mengalami hal serupa. Karena saya sendiri jarang menggunakan kompas padahal di HP yang saya miliki sudah mendukung kompas karena memang ada sensornya.

Tetapi akan saya coba bahas supaya kalian tau. Karena jika tidak segera kalian kalibrasi takutnya saat kalian butuhkan kalian lupa bahwa kompas di HP kalian tadi tidak benar petunjuk arahnya dan hanya akan membuat kalian nyasar.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara memperbaiki semua sensor yang ada di smartphone tanpa servis serta cara mengatasi aplikasi kompas yang ada di Android tidak berfungsi.

Gunakan Aplikasi Kalibrasi Kompas


Yang pertama kalian bisa gunakan aplikasi kalibrasi kompas yang ada di Play Store. Ada banyak sekali aplikasinya jadi silakan kalian pilih salah satu yang menurut kalian yang paling bagus. Atau bisa kalian tentukan dari ulasan aplikasi tersebut.

Umumnya aplikasi kalibrasi ini cukup membantu. Tetapi kembali lagi ini tergantung dari banyak faktor salah satunya faktor penyebab. Supaya tidak penasaran lebih baik kalian coba dulu dan lihat hasilnya.

Ganti Sensor Kompas Karena Sudah Bermasalah


Jika kalibrasi dengan aplikasi tidak berhasil kemungkinan besar sensor kompas yang ada di HP Android kalian sudah rusak. Jika sudah rusak lebih baik diganti saja, walaupun bisa diperbaiki tetapi lebih baik diganti.

Untuk biaya servis dan ganti sensor kompas di HP Android tidak pasti. Kira-kira antara 100 ribu sampai 200 ribu. Akan semakin mahal jika HP kalian sulit dibongkar dan sensor kompas yang digunakan sedikit berbeda.

Penting atau tidak kompas di HP akan membantu kalian di situasi tertentu. Jadi jika HP kalian memiliki sensor kompas pasti ada aplikasi kompas bawaan. Silakan kalian manfaatkan saat sedang kesasar atau saat tidak tau jalan.

Apa sensor kompas sama dengan GPS? tentu saja tidak. Kompas bisa dikatakan mengandalkan sensor magnetic yang umum digunakan pada kompas asli. Akan selalu menunjuk ke arah Utara dan jarum lainnya ke arah Selatan.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai kompas yang tidak berfungsi di HP dan cara kalibrasinya. Sebelum saya akhiri jika kalian bingung kenapa layar HP tidak mati saat menerima telepon dan didekatkan dengan telinga kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon