Perbedaan Ganti Unit dan Ganti Komponen Saat Klaim Garansi Smartphone

Perbedaan Ganti Unit dan Ganti Komponen Saat Klaim Garansi Smartphone

KEPOINDONESIA.id - Ketika kalian membeli smartphone pasti ada yang namanya garansi. Tidak hanya smartphone tetapi produk baru lainnya baik produk elektronik atau yang bukan elektronik. Garansi mulai dari 1 tahun, 3 tahun, dan yang sampai 5 tahun.

Tetapi untuk HP atau smartphone rata-rata garansinya hanya 1 tahun saja. Garansi ini jika masih berlaku jika ada kerusakan atau permasalahan pada HP yang kalian miliki apapun jenis perbaikannya kalian tidak akan dimintai uang.

Biaya perbaikan murah tidak dimintai uang dan biaya yang mahal juga tidak dimintai uang. Ada yang namanya ganti unit dan ada yang namanya ganti komponen jika masih ada garansi. Apa kalian sudah tau perbedaan antara ganti unit dan ganti komponen saat klaim garansi?.

Jika kalian belum tau artinya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai, karena akan saya bahas mengenai apa itu ganti komponen dan ganti unit. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi tulisan menyalakan ponsel di HP Samsung serta apa yang disebut Apple Replaced Device di aplikasi 3uTools.

Ganti Komponen Perangkat


Seperti namanya yang diganti hanya komponen yang bermasalah atau rusak. Misalnya yang bermasalah layar bergaris atau muncul bayangan atau titik putih, maka yang akan digaransikan hanya layar tersebut saja.

Mahal atau murah pemilik atau pengguna tidak akan mengeluarkan biaya sama sekali karena ini garansi. Tentu saja layar yang digunakan layar yang sama karena original juga. Untuk kasus komponen lain seperti baterai, lensa kamera, atau yang lainnya juga seperti itu.

Ganti Unit Perangkat


Apabila kalian ditawari ganti unit ini bisa dikatakan rezeki nomplok karena sama saja kalian diberi HP baru sebagai ganti HP lama yang bermasalah. Sudah banyak pengguna yang menerima ganti unit jadi ini asli dan bukan rekayasa.

Tetapi memang ada ketentuan tersendiri sampai bisa ganti unit. Yang pertama tentu saja pada kerusakan atau cacat produksi, jika parah maka biasanya akan diganti unit. Apabila stok unit belum ada bisa ditawari untuk menunggu atau ganti unit lain dengan tipe yang berbeda.

Ganti unit pasti dilakukan oleh service center besar apabila memang memenuhi syarat seperti dari service center Samsung dan Apple. Di service center Xiaomi juga ada yang namanya ganti unit karena kasus HP matot dari merek ini sangat banyak.

Jika mati total tetapi hanya mengganti komponen jelas pengguna tidak puas karena HP baru bisa matot sendiri. Yang perlu kalian ketahui baik ganti komponen atau ganti unit yang menentukan dari pihak perusahaan.

Kalian tidak bisa memilih dan hanya bisa menerima atau menolaknya. Sekian pembahasan dari saya sebelum saya akhiri kalian bisa baca perbedaan produk refurbish dan garansi distributor, sama atau berbeda dan lebih baik yang mana.


EmoticonEmoticon