5 Cara Mengatasi Tidak Ada Koneksi GPS di Aplikasi Waze

5 Cara Mengatasi Tidak Ada Koneksi GPS di Aplikasi Waze

KEPOINDONESIA.id - Untuk semua kebutuhan Google Maps memang tidak ada tandingannya sama sekali. Urusan peta jelas sangat baik, detail sangat jelas, serta informasi yang ada selalu diperbarui setiap tahun. Bagaimana dengan urusan navigasi?.

Google Maps juga bisa melakukannya dan sangat baik juga. Bisa merekomendasikan rute paling cepat dan aman untuk dilewati. Baik untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat atau lebih supaya masuk jalan yang benar.

Alias supaya sepeda motor tidak masuk ke tol dan kendaraan besar tidak masuk ke gang sempit. Walaupun sudah lebih dari cukup banyak orang yang menggunakan aplikasi Waze. Waze memang difokuskan sebagai aplikasi navigasi tidak seperti Google Maps.

Jadi wajar saja jika keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Bagaimana jika kalian sedang menggunakan aplikasi Waze dan tidak bisa menggunakan layanan GPS di HP yang kalian miliki dan muncul peringatan seperti "Tidak ada koneksi GPS".

Saya yakin kalian bingung. Jika sudah seperti itu kalian tidak bisa menggunakan Waze sebagai navigasi. Bagaimana cara mengatasi? untuk tau cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. 

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lain yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi aplikasi Google Maps yang lambat saat dibuka dan digunakan serta solusi opsi tampilan Peta di Google Maps tidak tampil.

Pastikan Layanan Lokasi Aktif


Yang pertama kalian harus memastikan layanan lokasi di HP yang kalian miliki aktif dan benar-benar aktif. Kalian bisa cek langsung di setelan atau pengaturan untuk memastikannya. Jadi tidak cukup dengan mengaktifkan lewat pusat kontrol.

Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Layanan Lokasi


Apabila sudah kalian aktifkan tetapi tidak terdeteksi di aplikasi Waze silakan kalian nonaktifkan atau matikan lokasi atau GPS lalu aktifkan kembali. Cara ini wajib kalian coba karena biasanya error dan harus diaktifkan dari awal.

Pastikan Aplikasi Waze Diizinkan Untuk Mengakses Layanan Lokasi


Memang mengizinkan aplikasi mengakses layanan lokasi sedikit membuat kira ragu. Tetapi karena Waze merupakan aplikasi navigasi dan salah satu syarat wajibnya terhubung dengan lokasi perangkat tidak ada pilihan lain jika ingin menggunakan Waze silakan izinkan Waze mengakses layanan lokasi.

Hapus Cache Aplikasi Waze


Masih belum berhasil? kalian bisa coba hapus aplikasi Waze. Khususnya jika kalian sudah install aplikasi Waze sejak lama tetapi tidak pernah digunakan sama sekali maka aplikasi Waze akan memiliki banyak cache yang bisa membuat error.

Mulai Ulang Perangkat


Terakhir kalian bisa mulai ulang atau reboot HP yang kalian miliki. Cara ini perlu dicoba karena bisa saja selain aplikasi yang error ternyata perangkat yang kalian miliki juga error. Untuk aplikasi bisa hapus cache sedangkan untuk sistem caranya harus mulai ulang atau reboot.

Waze sendiri mudah digunakan, tetapi apabila kalian terburu-buru ingin menggunakan navigasi saya sendiri tidak menyarankan Waze. Karena dari segi tampilan sangat berbeda dengan Google Maps dan hanya yang sudah terbiasa saja yang tidak akan kebingungan.

Apa perlu Waze di setting supaya GPS nya akurat? saya kira tidak perlu. Cukup kalian atur dan setting yang memang perlu saja. Tidak akan membuat kalian nyasar jika kalian pintar membaca peta baik saat menggunakan Waze atau Google Maps.

Sekian pembahasan dari saya mengenai tidak ada GPS di Waze. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami titik lokasi tidak akurat saat menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon