3 Cara Mengatasi Peta di Google Maps Tidak Muncul

3 Cara Mengatasi Peta di Google Maps Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Lewat Google Maps melakukan perjalanan yang sebelumnya belum pernah kita lakukan akan menjadi lebih mudah lagi. Karena kita akan mendapatkan panduan jalan yang bisa kita lewati.

Baik menggunakan rute yang telah disiapkan atau ingin menggunakan rute sendiri. Oleh karena itu tidak heran bahwa sekarang ini banyak orang yang melakukan perjalanan jauh hanya dengan modal aplikasi Maps yang ada di smartphone.

Dulu sebelum Maps populer digunakan, saat kita ingin bepergian ke lokasi tujuan kita harus benar-benar tau lokasi yang akan dituju. Karena jika tidak tau kemungkinan bisa nyasar ke tempat yang lain.

Akan tetapi masalah itu sekarang bukanlah masalah besar, karena sudah ada Maps dan GPS. Namun sayangnya Google Maps kadang-kadang tidak bisa dibuka atau tidak muncul saat dibutuhkan.

Singkatnya beberapa menu seperti lokasi, nama jalan, atau ikon-ikon tertentu tidak muncul dan tidak tampil. Apa masalah seperti itu bisa terjadi? tentu saja bisa mengingat Google Maps membutuhkan koneksi internet.

Untuk tau penyebab dan solusinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi tidak bisa berbagi lokasi lewat WhatsApp serta cara mudah mengedit dan menghapus ulasan yang ada di Google Maps.

Cara Mengatasi Google Maps Tidak Tampil


1. Masalah Koneksi Internet


Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa Google Maps membutuhkan koneksi internet, tanpa koneksi internet Maps tidak bisa digunakan. Oleh karena itu pastikan koneksi internet yang kalian gunakan cukup kuat untuk memuat Maps.

Sebenarnya cukup banyak aplikasi seperti Maps yang offline atau tidak membutuhkan koneksi internet. Akan tetapi kalian perlu install aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selain itu fitur yang ada juga kurang lengkap.

2. Perangkat Lambat


Penyebab berikutnya sangat sering terjadi di perangkat yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Aplikasi Google Maps saat ini memang cukup berat, oleh karena itu jika dibuka di perangkat yang spesifikasinya pas-pasan pasti akan sedikit terganggu.

Jika HP yang kalian miliki RAM nya 2GB dengan prosesor yang jadul kemungkinan proses pemuatan Maps akan sedikit lambat dan terganggu. Ini wajar terjadi dan tidak usah kalian cemaskan.

3. Pastikan Menggunakan Aplikasi Google Maps


Banyak aplikasi yang sudah di modifikasi supaya bisa menampilkan Maps layaknya Google Maps. Akan tetapi tentu saja aplikasi tersebut di peruntukan untuk hal yang berbeda. Sedangkan untuk navigasi tetap saja kalian wajib menggunakan aplikasi Google Maps.

Jadi itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi aplikasi Google Maps tidak memuat atau tidak tampil saat dibuka. Saya sendiri sering mengalaminya karena koneksi internet yang saya gunakan sedang kurang bagus.

Ingin mengatur lokasi di Google Maps supaya lebih akurat? Jika ingin titik biru yang ada di Maps lebih akurat kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya tentang cara memperbaiki keakuratan lokasi di Google Maps.


EmoticonEmoticon