Penyebab Bagian Bawah Laptop Panas Saat Digunakan

Penyebab Bagian Bawah Laptop Panas Saat Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Bagian bawah laptop yang panas masih banyak ditanyakan oleh pengguna laptop dan bingung kenapa bisa panas. Untuk bagian yang panas bermacam-macam tetapi untuk kedua laptop yang saya miliki panas berada di bagian sisi kiri baik bagian bawah atau atas.

Panas disini tidak panas sekali melainkan panas hangat atau panas wajar yang bisa terjadi di laptop. Tentu saja jika dibandingkan dengan PC panas yang ada di laptop tidak akan terlalu panas seperti panas di CPU PC.

Karena spesifikasi dan prosesor yang digunakan pada laptop berbeda dengan PC. Yang menjadi pertanyaan ialah apa yang membuat laptop panas khususnya pada bagian bawah laptop?. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Untuk tau apa yang membuat bawah laptop dan bagian keyboard laptop panas kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi tombol Ins di keyboard laptop serta cara mengatasi laptop tidak mau penuh atau 100% ketika dicas atau diisi daya.

Panas Dari Mesin dan Prosesor


Penyebab panas yang pertama baik dibagian atas atau bagian bawah laptop yaitu dari mesin khususnya di dekat prosesor. Karena prosesor kinerjanya paling tinggi maka bagian ini sudah pasti panas jika laptop dinyalakan lebih dari 10 menit.

Sudah pasti panas khususnya laptop Windows. Untuk pengguna MacBook entah akan panas atau tidak karena banyak yang mengatakan MacBook minim panas. Ini sangat wajar terjadi dan semakin berat kinerja laptop maka bagian mesin dan prosesor akan semakin panas juga.

Panas dari Hardisk atau HDD


Bagi kalian yang tidak tau Hardisk atau HDD juga menyumbang panas karena HDD bekerja secara mekanik yaitu piringan yang berputar secara terus menerus. Sama seperti prosesor, semakin berat kinerja HDD dan semakin cepat putaran HDD maka HDD akan semakin panas.

Untuk panas yang disebabkan oleh HDD atau Hardisk naik turun alias jika sudah tidak berputar kencang panas dari HDD akan berkurang dan akan mulai panas lagi jika putaran piringan Hardisk mulai meningkat kembali.

Nah supaya laptop kalian yang panas tidak tambah panas dan membuat laptop rusak gunakan laptop di tempat yang tepat. Banyak lubang sirkulasi udara di sisi laptop khususnya dibagian bawah laptop dan dibagian kanan dan kiri.

Di laptop gaming demi meningkatkan sirkulasi udara lubang juga tersedia dibagian belakang. Panas di laptop sangat wajar sekali dan kalian tidak perlu khawatir asalkan sirkulasi udara tidak terganggu panas hanya sekedar panas dan tidak akan mempengaruhi dan merusak laptop yang kalian miliki.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai asal dan penyebab laptop panas dibagian atas keyboard dan bagian bawah. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau apakah aman atau tidak menggunakan laptop tanpa baterai dan terhubung ke charger kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon