4 Cara Mengatasi Speaker HP Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Bunyi Keras dan Hanya Mendem

4 Cara Mengatasi Speaker HP Yang Tiba-Tiba Tidak Bisa Bunyi Keras dan Hanya Mendem

KEPOINDONESIA.id - Suara yang dikeluarkan dari HP kalian akan semakin bagus jika harga dari HP kalian mahal. Karena semakin mahal HP maka komponen yang digunakan akan semakin bagus juga termasuk pada bagian speaker.

Jika kalian bandingkan speaker HP Android 1 jutaan dengan speaker di iPhone sudah pasti suaranya berbeda. Lebih jelas, lebih ngebass, dan lebih jernih yang ada di iPhone daripada suara yang keluar dari HP 1 jutaan.

Tetapi ini sudah lebih dari cukup supaya kalian bisa mendengarkan suara dari video atau musik yang kalian putar dan bisa digunakan untuk menelpon saat mengaktifkan speaker. Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai kendala di speaker HP yang tiba-tiba tidak bisa berbunyi keras seperti sebelumnya.

Jadi jika sebelumnya bisa digunakan untuk memutar musik dengan keras dan kencang sekarang tidak bisa dan suaranya seperti mendem. Nah jika kalian mengalami masalah yang sama kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas cara mengatasi suara dari speaker HP yang mendem dan tidak mau keras. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi speaker yang putus-putus tapi normal serta solusi mengatasi menelpon sudah terhubung tetapi tidak ada suaranya.

Pastikan Speaker Tidak Tertutup


Tertutup disini seperti kalian menggunakan case yang salah yang menutupi lubang speaker yang ada di belakang HP atau yang ada dibagian bawah. Jadi jika lubang speaker tertutup sudah dipastikan suara akan mendem dan tidak akan keras.

Bersihkan Lubang Speaker


Biasanya karena terlalu banyak debu lubang speaker menjadi tertutup rapat. Walaupun tidak benar-benar membuat suara speaker menjadi mendem tetapi cara ini bisa kalian lakukan supaya lubang speaker bersih dan suaranya menjadi lebih normal daripada sebelumnya.

Maksimalkan Volume


Apabila HP kalian baru saja masuk ke air atau bagian speakernya saja yang kemasukan air kalian bisa full kan volume saat memutar musik atau lagu supaya air yang ada di speaker menjadi keluar. Atau kalian bisa digunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari speaker HP.

Ganti Speaker


Jika memang sudah terkena air dan suara tidak mau kembali tidak ada pilihan lain selain mengganti komponen speaker di HP yang kalian miliki. Jadi silakan kalian bawa ke tempat servis dan lakukan penggantian speaker HP yang biayanya tidak lebih dari 100 ribu.

Speaker HP yang tidak mau keras dan suaranya mendem rata-rata karena pernah kemasukan air. Baik secara langsung atau tidak serta banyak atau sedikit. Yang jelas hal yang pertama bisa kalian lakukan yaitu mencoba mengeluarkan air dari speaker.

Kalian bisa putar musik atau lagu dengan volume paling tinggi atau bisa gunakan aplikasi pembantu seperti aplikasi penghilang air dari speaker. Kalian coba saja dan coba terus asalkan tidak parah speaker akan normal kembali walaupun tidak secara langsung.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan mengenai suara speaker yang mendem dan tidak bisa keras. Sebelum saya akhiri jika mikrofon di HP kalian tidak berfungsi dan suara kalian menjadi tidak terdengar atau terekam kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon