Cara Menggali atau Mendongkel Pohon Serut Dari Tanah Supaya Tidak Mati

Cara Menggali atau Mendongkel Pohon Serut Dari Tanah Supaya Tidak Mati

KEPOINDONESIA.id - Serut salah satu tanaman yang bisa kalian buat sebagai bonsai. Serut memiliki bentuk yang menarik dan cocok sekali sebagai bonsai untuk pemula. Cara mendapatkannya yang mudah serta tidak gampang mati salah satu keunggulan pohon serut.

Ada banyak sekali cara menanam serut sebagai bonsai, salah satunya dengan cara mendongkel. Baik serut yang masih kecil, ukuran sedang, atau yang sudah besar dan memiliki umur bertahun-tahun.

Daripada bonsai lainnya serut tergolong mudah didapatkan dan harganya tidak mahal. Jadi jika hanya sekedar hobi kalian bisa pilih serut karena tidak kalah dengan tanaman bonsai lainnya. Nah yang akan saya bahas kali ini cara mendongkel serut yang benar dari tanah yang banyak ditemui.

Supaya serut tetap cepat tumbuh setelah di pindah ke media tanam dan tidak mati begitu saja. Asalkan posisi pohon serut mudah diakses dan full tanah kalian bisa dengan mudah mendongkel serut tadi.

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas cara dongkel serut yang benar supaya pohon serut tidak mati sebelum jadi tanaman bonsai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan antara singkong dan ubi serta cara menggunakan lem tikus yang benar supaya lengket.

Sediakan Alat Yang Dibutuhkan


Pertama kalian bisa bawa alat yang dibutuhkan untuk mendongkel serut. Cangkul dan sekop kecil bisa kalian gunakan jika serut yang ingin kalian dongkel masih kecil. Selain itu jangan lupa bawa air untuk memudahkan proses pendongkelan pada tanah yang keras.

Lakukan Proses Pengdongkelan Dengan Hati-Hati


Lakukan proses pendongkelan dengan hati-hati dan disarankan sisakan tanah di sekitar akar alias tidak hanya diambil pohon serutnya. Cara ini dilakukan supaya saat di pindah serut tetap bisa bertahan hidup tanpa harus kering terlebih dahulu.

Usahakan Dapat Akar Yang Sedikit Banyak


Walaupun hanya batang saja serut tetap hidup tetapi prosesnya akan lama jadi semakin banyak akar yang kalian dapatkan semakin bagus. Ini agak sulit jika posisi pohon serut di tempat yang sulit atau di dekat beton dan bangunan.

Tanam Serut di Media Tanam Yang Bagus


Terakhir kalian bisa tanam serut di media tanam yang bagus. Semakin bagus maka serut tetap akan hidup dan tidak akan kering terlalu parah. Jangan lupa siram dengan air dan dalam beberapa hari serut sudah memulai pertumbuhannya.

Untuk koleksi pribadi serut sangatlah bagus sama seperti pohon asem dan beringin. Tetapi jika kalian berniat digunakan sebagai investasi kalian bisa memulai bonsai dengan tanaman bonsai yang memiliki harga yang mahal.

Alasan harga bonsai serut tidak bisa mahal yaitu karena mudah didapatkan dan mudah dirawat. Soal umur rata-rata bonsai memang perlu dibuat bertahun-tahun. Jadi supaya harganya lebih tinggi kalian bisa mulai dengan tanaman yang memang dari awal sudah langka dan mahal.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai tanaman serut dan bagaimana cara dongkelnya untuk dijadikan bonsai. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau cara menghilangkan getah nangka yang sangat lengket kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan getah nangka yang ada di tangan.


EmoticonEmoticon