4 Cara Mengatasi Tombol X atau Close di Windows Tidak Berfungsi

4 Cara Mengatasi Tombol X atau Close di Windows Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Tombol X atau Close di Windows saat kalian membuka aplikasi atau program berfungsi untuk menutup aplikasi. Seperti namanya jika kalian menekan tombol ini aplikasi akan tertutup secara langsung. Walaupun begitu ada beberapa aplikasi yang masih berjalan atau ada peringatan.

Sebagai contoh aplikasi seperti Microsoft Word dan Adobe Photoshop. Jika kalian menekan tombol Close maka akan ada peringatan bahwa kalian sedang melakukan tugas dan belum disimpan. Jadi simpan terlebih dahulu sebelum keluar.

Atau seperti aplikasi Telegram walaupun kalian tekan tombol X yang ada di pojok kanan atas yang umumnya menutup aplikasi tetapi untuk di Telegram tidak. Aplikasi Telegram masih berjalan dan masih ada notifikasi jika kalian tidak melakukan Close pada taskbar.

Bagaimana jika tombol X atau Close ini tidak bisa ditekan atau klik? walaupun jarang terjadi tetapi ini bisa kalian alami. Ada beberapa faktor penyebab yang menyebabkan tombol close aplikasi di Windows tidak berfungsi.

Nah untuk tau cara mengatasi tombol Close yang tidak berfungsi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi tombol recents apps dan back di Android serta fungsi dari papan klip atau clipboard di aplikasi keyboard.

Tunggu Beberapa Menit


Yang pertama jika kalian sudah menekan tombol X tetapi tidak ada respon kalian bisa tunggu beberapa menit khususnya jika ada tanda bahwa aplikasi tidak merespon. Apabila aplikasi sudah merespon maka akan langsung keluar dan tertutup.

Tekan Ulang Tombol X


Apabila sudah kalian tunggu beberapa menit tetapi masih tidak ada respon seperti aplikasi dan program tertutup kalian bisa tekan ulang tombol X atau Close nya. Tetapi perhatikan pada bagian tombol bahwa saat kalian tekan atau klik ada respon seperti bahwa tombol berhasil di tekan.

Close Window Lewat Taskbar


Masih belum berhasil dan masih terbuka kalian bisa tutup aplikasi dan program yang terbuka lewat Taskbar. Caranya silakan kalian klik kanan pada program atau aplikasi yang ingin kalian tutup lalu pilih Close window.

Restart Laptop atau PC


Dan yang terakhir kalian tidak ada respon sama sekali dan mengganggu pekerjaan kalian maka cara paling ampuh yang bisa kalian lakukan yaitu restart laptop atau PC yang kalian miliki. Semua program dan aplikasi akan tertutup jadi setelah di restart kalian perlu membuka aplikasi dari awal.

Kasus ini akan jarang kalian alami jika spesifikasi laptop atau PC kalian tidak terlalu kentang atau minimal menggunakan SSD dan RAM 4GB. Tetapi jika RAM hanya 2GB dan masih HDD saya jamin setiap minggu atau setiap hari kalian akan mengalami masalah serupa.

Semakin berat aplikasi yang kalian buka maka kemungkinan dibuka dan ditutup sulit semakin tinggi. Tidak hanya saat membuka aplikasi saja tetapi saat kalian ingin menutupnya bisa terjadi lemot dan lag.

Sekian pembahasan dari saya mengenai tombol Close di Windows yang tidak berfungsi saat ditekan. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau cara keluar yang benar saat menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel supaya data tidak hilang kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon