Fungsi Clipboard atau Papan Klip

Fungsi Clipboard atau Papan Klip

KEPOINDONESIA.id - Beberapa dari kalian pasti ada yang sudah tau tentang Papan Klip atau yang sering disebut sebagai Clipboard. Fitur yang sangat berguna dan harus ada di keyboard khususnya di keyboard virtual.

Kegunaan Papan Klip atau Clipboard dulu tidak sepenting sekarang. Karena beberapa tahun yang lalu belum banyak orang yang mengetahui fitur ini. Selain belum banyak yang mengetahui, rata-rata orang juga belum membutuhkan fungsi Papan Klip.

Akan tetapi sekarang Clipboard atau Papan Klip merupakan fitur wajib yang harus ada di aplikasi keyboard. Karena dengan adanya Clipboard dapat memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan copy-paste.

Tetapi kalian tau tidak sih sebenarnya fungsi dari Papan Klip ini? seharusnya kalian sudah tau fungsinya jika kalian sering menggunakan Papan Klip. Tetapi jika kalian belum tau fungsinya maka kali ini saya akan menjelaskannya untuk kalian.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi Voice Typing tidak berfungsi serta penyebab CMD sering muncul sendiri.

Fungsi Papan Klip


Papan Klip atau Clipboard adalah sebuah fitur untuk menyimpan objek teks yang kalian salin. Secara umum memang hanya bisa untuk menyimpan teks atau tulisan saja, tetapi di beberapa perangkat mungkin bisa menyimpan gambar seperti di perangkat Windows.

Pengaturan Papan Klip atau Clipboard juga berbeda-beda. Mulai dari banyaknya tulisan yang bisa disimpan hingga berapa lama tulisan tersebut disimpan. Jika ada batasan waktu, Papan Klip biasanya disertai fitur Pin.

Dengan menambahkan Pin mencegah tulisan atau teks yang sudah tersimpan di Papan Klip hilang. Tidak jarang juga teks yang ada di Papan Klip tidak akan hilang kecuali pengguna menghapusnya.

Cara Memunculkan Papan Klip


Cara memunculkan dan menggunakan Papan Klip di masing-masing perangkat berbeda-beda. Oleh karena itu saya tidak bisa menjelaskannya. Tetapi jika kalian menggunakan versi keyboard virtual terbaru seharusnya sudah mendukung fitur Clipboard atau Papan Klip.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai apa itu Papan Klip atau Clipboard. Fungsinya untuk menyimpan beberapa teks yang pernah kalian salin. Kalian bisa langsung melakukan paste atau tempel tanpa perlu menyalin lagi.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat. Tidak tau fungsi tombol Page Up dan Page Down? Jika kalian tidak tau fungsi kedua tombol tadi kalian bisa baca artikel tentang tombol Page Up dan Page Down.


EmoticonEmoticon