Cara Mengatasi Aspek Rasio Yang Tidak Sesuai

Cara Mengatasi Aspek Rasio Yang Tidak Sesuai

KEPOINDONESIA.id - Jika kalian merekam layar atau screen recorder di HP yang kalian miliki maka aspek rasio dari video rekaman layar tadi akan menyesuaikan ukuran layar HP kalian. Masing-masing HP memiliki ukuran layar yang berbeda walaupun inch nya sama.

Misalnya kalian ingin mengunggah video YouTube, TikTok, atau Reels dengan video rekaman layar kalian perlu melakukan proses editing terlebih dahulu. Untuk mengatur video ke aspek rasio yang populer digunakan.

Yaitu 16:9 untuk landscape seperti di YouTube dan 9:16 untuk portrait  seperti di TikTok, Reels, dan Shorts. Jika kalian tidak mengaturnya pada sisi bawah dan atas atau kanan kiri bisa ada bagian hitamnya atau bisa terpotong.

Oleh karena itu penting sekali menyesuaikan dan mengubah aspek rasio video. Untuk lebih jelas bagaimana caranya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai kenapa aplikasi tidak mendukung layar terpisah serta cara simpan foto dan video yang ada di Gmail.

Tentukan Aspek Rasio Yang Ingin Digunakan


Yang pertama kalian bisa tentukan aspek rasio yang ingin digunakan. 16:9, 9:16, atau yang lainnya. Jika tidak ingin bingung di aplikasi video editing akan ada aspek rasio yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Aspek rasio seperti 9:16 dan 16:19 merupakan aspek rasio yang umum digunakan. Jadi walaupun dilihat di HP lain terpotong video yang kalian unggah tidak akan terpotong karena aspek rasio video tidak akan terpengaruh oleh ukuran layar.

Edit Aspek Rasio Pada Video


Setelah kalian menentukan aspek rasio yang kalian inginkan kalian bisa mulai mengeditnya. Caranya pilih terlebih dahulu aspek rasio yang ingin kalian gunakan. Jika sudah silakan ubah aspek rasio video atau bisa langsung kalian zoom atau perbesar dan sesuaikan.

Karena masing-masing cara di masing-masing aplikasi video editing berbeda-beda jadi saya tidak bisa menjelaskannya secara detail. Yang jelas silakan perbesar tampilan video supaya sesuai dengan aspek rasio yang sudah kalian pilih dan tentukan.

Misalnya video rekaman layar langsung kalian unggah maka akan ada sisi video yang terpotong atau hitam tanpa sepengetahuan kalian. Oleh karena itu mengatur aspek rasio sangatlah penting khususnya kalian konten kreator atau influencer.

Pembatasan aspek rasio ini supaya penonton bisa menonton video dengan nyaman tanpa memperhatikan aspek rasio video yang berbeda-beda. Jika lebih bagian video akan dipotong dan jika kurang akan ditutupi oleh warna hitam.

Sekian pembahasan saya mengenai edit dan mengubah aspect ratio atau aspek rasio. Sebelum saya akhiri jika kalian mengalami buat status WhatsApp di iPhone hasilnya jelek dan kurang bagus kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon