Cara Mengatasi Hasil Story iPhone Jelek di Whatsapp, Instagram, atau Facebook

Cara Mengatasi Hasil Story iPhone Jelek di Whatsapp, Instagram, atau Facebook

KEPOINDONESIA.id - Banyak yang mengeluh bahwa iPhone saat digunakan untuk membuat cerita atau story hasilnya tidak sebagus foto asli dan kesannya lebih jelek. Baik di Facebook, Instagram, dan yang paling banyak dikeluhkan yaitu di aplikasi WhatsApp.

Banyak yang mengeluh di WhatsApp saat membuat status hasilnya terkesan burik dan pecah. Padahal jika dilihat di aplikasi Foto bagus dan sangat jernih. Alasannya saya yakin kalian sudah tau, yaitu karena WhatsApp melakukan proses kompres file media seperti foto dan video pada status.

Apa ada cara supaya hasilnya tetap bagus untuk dibuat status atau cerita? tentu saja ada. Khususnya untuk foto sebenarnya kalian hanya perlu melakukan pengeditan ringan sebelum kalian unggah sebagai status atau cerita.

Untuk video tentu saja perlu di edit kembali tetapi mungkin ini sedikit merepotkan. Untuk tau cara membuat foto dan video menjadi bagus saat dibuat cerita atau status kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti cara menyembunyikan cerita Instagram dari orang tertentu serta cara menghapus pemberitahuan yang ada di Facebook.

Membuat Foto di iPhone Bagus Saat Dijadikan Status atau Cerita


Untuk foto yang pertama kalian bisa potong ukurannya atau aspek rasionya. Sebagai contoh tangkap layar, jangan kalian unggah full satu layar tetapi potong saja bagian yang memang ingin kalian jadikan cerita. Karena jika full hasilnya akan buram dan jelek.

Sedangkan untuk foto dan gambar yang aspek rasionya sudah sesuai kalian bisa edit untuk sekedar menaikkan resolusi gambar dan foto tersebut. Selain wajib kalian export dengan resolusi yang tinggi kalian bisa tingkatkan kontras dan yang lainnya supaya meningkatkan kualitas foto dan gambar terkait.

Membuat Video di iPhone Bagus Saat Dijadikan Status atau Cerita


Untuk video mungkin yang perlu kalian lakukan yaitu pada proses export. Silakan export di maksimal 1080p saja. Apabila sebelumnya kualitas videonya lebih rendah atau lebih tinggi silakan export menjadi 1080p.

1080p akan membuat resolusi video yang rendah menjadi lebih tinggi dan yang lebih tinggi tetap bagus dengan resolusi yang pas. Karena semakin tinggi resolusinya maka akan semakin banyak proses kompres yang dilakukan oleh WhatsApp atau aplikasi lain.

Kompres tidak lepas dilakukan oleh pihak pengembang supaya menghemat server. Apabila tidak di kompres file yang besar akan membebani server dan akan membuat kalian tidak nyaman menggunakannya karena ketika ingin dilihat menjadi berat.

Saya sendiri salah satu yang tidak perduli dengan hasil yang buruk ketika dibuat cerita atau status. Yang terpenting di galeri atau file aslinya tetap bagus dan sangat layak disimpan dan dijadikan dokumentasi pribadi.

Apa yang saya bahas tadi khusus untuk pengguna iPhone. Sedangkan untuk pengguna Android yang mengalami hasil foto dan videonya jelek ketika dibuat cerita atau story kalian bisa baca pembahasan yang sudah pernah saya bahas mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon