4 Alasan Terbaik Untuk Membatalkan Pesanan Online di Marketplace Seperti Shopee

4 Alasan Terbaik Untuk Membatalkan Pesanan Online di Marketplace Seperti Shopee

KEPOINDONESIA.id - Karena terburu-buru atau kurang teliti terkadang saya checkout barang yang salah satu kurang tepat. Sebagai contoh ketika menggunakan Shopee, checkout barang atau produk yang kurang tepat bisa membuat kalian rugi.

Karena bisa saja tidak sesuai yang kalian inginkan dan butuhkan. Oleh karena itu biasanya saya membatalkan pesanan sebelum pesanan tersebut dikirimkan. Apabila pesanan belum diproses oleh penjual pembatalan bisa langsung kalian lakukan.

Pesanan akan langsung dibatalkan dan dana akan langsung dikembalikan. Tetapi jika sudah diproses atau sudah dikemas oleh penjual tetapi belum dikirim proses pembatalan perlu persetujuan penjual, jika penjual tidak setuju pesanan akan tetap dikirimkan.

Bagaimana jika sudah dikirim? bisa dikatakan tidak bisa dibatalkan dan cara satu-satunya menolak pesanan tersebut jika sudah kalian terima. Apa alasan yang tepat untuk membatalkan pesanan di Shopee?.

Ada beberapa alasan dan sudah ada opsinya tinggal kalian pilih. Untuk tau opsi yang tepat kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara hapus barang yang ada di keranjang Shopee serta lama proses pengembalian dana di Lazada.

Ingin Mengubah Pesanan


Yang pertama dan yang paling saya rekomendasikan dijadikan alasan untuk membatalkan pesanan di Shopee yaitu karena ingin mengubah pesanan (ukuran, warna, jumlah, dll). Karena alasan ini paling masuk akan dan penjual atau seller pasti juga mengerti karena jika pesanan tidak sesuai pembeli maka hanya akan mendatangkan komplain saja.

Ingin Memasukkan/Mengubah Kode Voucher


Alasan berikutnya yang bisa kalian gunakan yaitu ingin mengubah dan memasukkan kode voucher. Alasan ini juga cukup manjur sebagai alasan untuk membatalkan pesanan. Karena rata-rata pesanan di marketplace kini selalu menggunakan voucher walaupun hanya voucher gratis ongkos kirim.

Menemukan Harga Yang Lebih Murah di Toko Lain


Saya sendiri lebih suka menggunakan alasan yang satu ini dari dua alasan yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Karena memang saya tertarik dengan produk yang ada di toko lain daripada produk yang sudah saya pesan sebelumnya.

Lainnya


Dan yang terakhir kalian bisa pilih lainnya. Pilihan ini bisa kalian pilih jika pesanan belum diproses dan dikemas oleh penjual karena sudah pasti disetujui dan akan tetap[ dibatalkan walaupun kalian tidak menyebutkan alasan pastinya.

Bebas saja jika kalian ingin membatalkan pesanan yang sudah kalian pesan. Asalkan belum dikirim dan diterima oleh jasa pengiriman kalian masih bisa membatalkan pesanan. Jika belum diproses oleh penjual kalian bisa membatalkannya secara instan.

Tetapi jika statusnya sudah diproses dan sedang dikemas kalian tidak bisa membatalkannya secara instan karena perlu persetujuan terlebih dahulu oleh penjual. Sedangkan jika sudah dibawa oleh jasa pengiriman kalian tidak bisa membatalkan pesanan tersebut.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri penting sekali menambah dan menulis catatan jika kalian melakukan pesanan di Shopee. Catatan ini digunakan untuk memberikan catatan kepada penjual seperti dikemas dengan bubble wrap atau warna barang yang kalian inginkan.


EmoticonEmoticon