5 Tugas Menjaga Toko Baju dan Sepatu Yang Perlu Kalian Ketahui

5 Tugas Menjaga Toko Baju dan Sepatu Yang Perlu Kalian Ketahui

KEPOINDONESIA.id - Pramuniaga atau yang lebih dikenal dengan pejaga toko adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak ditemui di manapun itu. Selain mudah ditemui, pekerjaan ini bisa jadi tujuan kalian melamar pekerjaan jika di kota atau kabupaten kalian tidak ada pabrik besar.

Ada banyak sekali jenis penjaga toko yang bisa kalian temui. Mulai dari toko baju, toko sepatu, ataupun di swalayan. Nah yang mungkin menjadi pertanyaan bagi kalian yang baru ingin melamar pekerjaan sebagai pejaga atau pegawai toko kalian pasti bingung apa tugasnya.

Tugas atau jobdesk penjaga toko bisa dikatakan bermacam-macam tergantung dari toko itu sendiri. Yang pasti ada beberapa tugas yang memang umum dilakukan oleh pejaga toko atau pramuniaga.

Untuk tau apa saja jobdesk atau tugasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan menarik yang wajib kalian baca yaitu mengenai penggaris online. Serta jika kalian belum tau apa yang disebut dengan trusted seller kalian bisa baca pembahasan mengenai apa itu trusted seller itu.

Menyambut Tamu


Yang pertama jika kalian ingin menjadi pramuniaga atau penjaga toko kalian harus ramah dan murah senyum. Karena setiap harinya kalian akan bertatap muka secara langsung dengan konsumen jadi bisa menyambut tamu seperti skill yang wajib kalian miliki.

Menata Produk


Selain menyambut tamu kalian juga harus bisa menata produk khususnya produk pakaian dan sepatu. Karena terkadang calon pembeli mengambil di tempat yang sesuai tetapi mengembalikannya di tempat yang salah saat ingin coba-coba.

Mendata Produk


Selain menata jobdesk sebagai pegawai toko biasanya juga termasuk mendata produk. Tidak semua pegawai akan mendapatkan tugas ini tetapi yang jelas seorang pejaga atau pegawai toko harus bisa mendata produk dengan benar.

Menjaga Kebersihan


Menjaga kebersihan menjadi hal penting supaya toko menjadi bersih dan tetap bersih. Biasanya proses bersih-bersih wajib dilakukan saat buka toko atau saat piket. Jadi untuk yang satu ini saya kira kalian bisa semuanya.

Memberikan Arahan Yang Baik


Sebagai penjaga toko kalian harus memberikan arahan yang baik kepada calon pembeli. Artinya kalian hanya menyarankan produk dan tidak memaksa pembeli untuk membeli produk yang ada khususnya yang lebih mahal.

Untuk pegawai toko atau penjaga toko sepatu dan pakaian mungkin itu saja. Karena untuk mengemas produk biasanya dilakukan di kasir dan jika disebut dikemas ini kurang tepat karena hanya dimasukkan ke kantong saja.

Yang jelas ada 2 hal penting jika kalian menjadi penjaga toko. Yang pertama harus ramah menyambut calon pembeli dan yang kedua harus informatif dan selalu memberikan saran yang bagus. Jika kalian bisa melakukan hal tersebut kalian akan menjadi penjaga toko favorit semua orang.

Sekian pembahasan dari saya mengenai tugas dan jobdesk seorang pegawai toko atau penjaga toko. Sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau apa yang dimaksud dengan OOTD dan bagaimana menentukan OOTD yang bagus kalian bisa baca artikel mengenai OOTD atau gaya berpakaian.


EmoticonEmoticon